Kamis, 14 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali
Ayunan di Bali Swing

Memacu Adrenalin di Ketinggian 35 M, Wahana Ekstrem Paling Dicari Bule

16 Mei 2019, 13: 14: 36 WIB | editor : I Putu Suyatra

Memacu Adrenalin di Ketinggian 35 M, Wahana Ekstrem Paling Dicari Bule

UJI NYALI: Salah satu paket wisata yang ekstrem namun sangat digemari oleh wisatawan asing. Wisata uji nyali berada diketinggian 35 meter. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, BADUNG - Untuk menikmati keindahan alam Bali, wisatawan yang datang ke Bali sangat dimanjakan oleh pengelola wisata yang ada di Bali, karena ada banyak fasilitas wisata yang disedikan oleh pengelola wisata di bali, sehingga wisatawan yang datang ke Bali memiliki pengalaman seru ketika berwisata ke Bali.

Adapun fasilitas wisata yang tersedia mulai dari wahana water sport, wisata selfie hingga bumi perkemahan, untuk saat ini aktivitas wisata di Bali kembali dimanjakan dengan satu fasilitas wisata yang cukup extreme, yakni Bali Swing.

Sesuai dengan namanya, Bali Swing, sesuai dengan namanya yakni Swing yang memiliki arti ayunan, maka wahana wisata ini menyediakan ayunan sebagai destinasi utamanya. Namun ayunan yang disediakan di Bali Swing tidak tanggung-tanggung, ayunan di Bali Swing ini memiliki tinggi sekitar 35 meter, sehingga bisa memberikan sensasi yang menyenangkan bagi penggemar wisata ekstrem.

Untuk menikmati wisata swing atau ayunan ini di Bali saat ini sudah bisa dilakukan dengan mudah, karena di beberapa kawasan wisata alam saat ini sudah tersedia fasilita wisata ini, salah satunya adalah di Bali Swing, yang berlokasi di Jalan Dewi Saraswati, Desa Bongkasa Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung.

Yande Saputra, Pengelola  Bali Swing ketika ditemiui beberapa waktu lalu mengatakan jika Bali Swing ini merupakan slah satu bentuk inovasi yang dilakukan pengelola wisata di Bali untuk memanjakan wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pulau Bali dari sisi yang berbeda. “Pada dasarnya ayunan yang kami sediakan adalah ayunan yang sama dengan ayunan yang ada di taman kota, namun yang membedakannya adalah ayunan di tempat kami memiliki tinggi sekitar 35 meter, jadi cukup untuk memacu adrenalin peserta,” jelasnya.

Ayunan ini dibuat dengan menggunakan bantuan dua pohon kelapa, dimana tali untuk membuat ayunan tersebut diikatkan di ujung atas dahan pohon kelapa, sedangkan tempat dudukannya diletakan di bagian bawahnya. Untuk keamanannya, peserta yang ingin merasakan sesnsasi berayun diketinggian ini akan dilengkapi dengan sejenis sabuk pengaman yang diikatkan di pinggang peserta.

Wisatawan bisa menikmati wahana ini tanpa harus memiliki keahlian khusus, karena menikmati wahana ini, sama seperti menikmati ayunan biasa. Bedanya di Bali swing ini, ayunannya lebih tinggi dan jarak lontarnya lebih jauh.

Meskipun tidak memerlukan keahlian khusus, namun aktivitas wisata ini juga tidak bisa dinikmati oleh semua orang. "Karena resiko yang ditimbulkan cukup fatal, ada beberapa orng yang kami larang untuk menikmatinya, seperti wisatawn yang fobia ketinggian atau mereka yang menderita penyakit jantung, kami larngbkeras untuk menikmati aktivitas wisata ini," tegasnya.

Lantas apa saja yang bisa dinikmati oleh wisatawan? Ketika ditanya demikian, Yande mengatakan dari ketinggian, selain wisatawan mendapatkan sensasi berayun diatas ketin

ggian, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan yang ada di bawahnya. Wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat alami, kental dengan nuansa pedesaan Bali dengan banyak pepohonan yang rindang dan tentunya memanjakan mata pengunjung.

Karena wahana wisata ini terletak di tebing sungai ayung, sehingga jika berayun diatasnya, wisatawan tidak saja bisa melihat hamparan pepohonan yang hijau, namun juga bisa melihat aliran sungai Ayung dari ketinggian.

Selain itu, wisatawan juga akan dimanjakan dengan pemandangan areal persawahan yang cantik jika dilihat dari ketinggian. “Bahkan jika sedang musim panen, dari ketinggian, wisatawan bisa melihat aktivitas agraris masyarakat Desa bongkasa,” ungkap Yande.  

Meskipun merupakan salah satu wahana wisata baru di industry pariwisata Bali, namun eksistensi wahana wisata ini dikatakan Yande cukup populier, khususnya bagi wisatawan asal Eropa. Karena wisatawan asing atau bule ini dikatakannya lebih menyukai aktivitas wisata alam yang ekstrem.

Selain menjadi salah satu wisata popular karena tantangan yang diberikan, aktivitas wisata ini menjadi popular karena menjadi salah satu wisata selfie. “Wisata ini juga menjadi bagian dari wisata selfie yang menyenangkan, karena wisatawan yang sedang berayun bisa mengabadikan momen dari atas ketinggian, dan ini bisa menjadi slaah satu foto yang instagrameble,” ungkap Yande.

Untuk wisatawan domestic, wahana wisata ini juga cukup popular, namun demikian, wisatawan domestic, diakui Yande lebih suka untuk melakukan selfie di wahana ayunan terlebih dahulu, baru selanjutnya mereka menikmati sensasi berayun diatas ketinggian.

Untuk harga, Yande mengatakan Bali Swing yang memiliki tiga unit ayunan yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk berayun cantik ini mematok harga sebesar Rp 315 ribu sampai dengan Rp 460 ribu per orang. “Harga tersebut sudah termasuk biaya asuransi dan biaya dokumentasi selama melakukan aktivitas berayun,” tambahnya.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia