Kamis, 20 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Berkas Kasus TPS 29 Dilimpahkan ke Kejaksaan

16 Mei 2019, 18: 09: 47 WIB | editor : I Putu Suyatra

Berkas Kasus TPS 29 Dilimpahkan ke Kejaksaan

TAHAP I: Penyidik Polres Tabanan menyerahkan berkas ke Kejari Tabanan, Kamis (16/5). (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, TABANAN - Berkas perkara kasus dugaan kecurangan di TPS 29 Banjar Pangkung, Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan, yang dilakukan oleh oknum Ketua KPPS akhirnya dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Tabanan, Kamis (16/5). Dengan demikian jaksa pun akan melakukan penelitian terhadap berkas tersebut selama tiga hari kedepan.

Pelimpahan berkas perkara dengan tersangka Ketua KPPS TPS 29 I Wayan Sarjana dilakukan sekitar pukul 11.00 Wita oleh Penyidik Polres Tabanan didampingi oleh Bawaslu Tabanan. Berkas perkara tersebut diterima langsung oleh Kasi Pidum Kejari Tabanan.

Usai menyerahkan berkas, Kasat Reskrim Polres Tabanan, AKP Decky Hendra Wijaya mengatakan bahwa setelah melakukan penyidikan pihaknya akhirnya melakukan pelimpahan tahap 1 berkas perkara dugaan kecurangan di TPS 29 ke Kejari Tabanan. "Dan berkas perkara sudah diterima langsung oleh Kasi Pidum Kejari Tabanan," ujarnya.

Dan apabila nanti ada kekurangan dalam berkas perkara tersebut maka pihak Kejari Tabanan akan segera menyampaikan kepada pihaknya sehingga bisa dilengkapi kembali. "Apakah nanti ada yang kurang Kasi Pidum akan menyampaikan kepada kita dan kita akam segera melengkapi," sambungnya.

Sebelumnya, pihaknya telah memeriksa 17 saksi yang terdiri dari pihak KPU Tabanan, Partai, Petugas TPS, hingga tersangka I Wayan Sarjana sendiri yang sudah pernah dipanggil satu kali. "Intinya kita sudah selesaikan pemberkasan dan tinggal menunggu berkas diteliti jaksa," tukas AKP Decky.

Sementara itu Kasi Pidum Kejari Tabanan, Rizal Sanusi membenarkan jika pihaknya telah menerima berkas perkara atas kasus tersebut. Dimana selanjutnya pihaknya akan melakukan penelitian berkas selama tiga hari kedepan sesuai UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. "Dan kita akan beritahu hasilnya kepada penyidik dalam tiga hari kedepan, apakah sudah lengkap atau belum," tegasnya.

Sedangkan, Kordiv Hukum Penanganan Pelanggaran Bawaslu Tabanan, I Gede Putu Suarnata mengatakan jika tahap demi tahap penanganan kasus tersebut sudah dilakukan oleh Sentra Gakkumdu. "Dan sekarang pemberkasan sudah selesai sehingga berkasnya dilimpahkan ke Kejari Tabanan," ungkap Suarnata.

Dengan demikian kini pihaknya tinggal menunggu hasil penelitian dari Kejari Tabanan. Seperti diberitakan sebelumnya terjadi dugaan kecurangan di TPS 29 saat proses penghitungan suara dilakukan. Dimana oknum Ketua KPPS mencoblos surat suara yang telah dicoblos oleh pemilihnya sehingga mengakibatkan suara tidak sah.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia