Rabu, 19 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Gojek Berkontribusi Rp 1,9 T pada Perekonomian Denpasar

19 Mei 2019, 06: 56: 03 WIB | editor : I Putu Suyatra

Gojek Berkontribusi Rp 1,9 T pada Perekonomian Denpasar

Wakil Kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (LD FEB) Universitas Indonesia Dr Paksi CK Walandouw (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR-  Wakil Kepala  Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (LD FEB) Universitas Indonesia Dr Paksi CK Walandouw Kamis (16/5) di Denpasar memaparkan,  sejak 2015, Gojek melalui berbagai layanannya mampu memberikan kontribusi positif bagi perekonomian di Denpasar. Tahun 2018 aplikasi Gojek mampu memberikan kontribusi terhadap perekonomian Denpasar  hingga Rp 1,9 triliun.

"Sehingga Gojek dengan beberapa mitranya mampu memberikan pertumbuhan positif pada perekonomian di Denpasar," jelasnya.

Angka kontribusi mitra Gojek Rp1,9 triliun terhadap perekonomian Denpasar pada 2018 itu disumbang dari mitra pengemudi layanan Go-Car . Yang berkontribusi Rp190 milliar. Mitra pengemudi Go-Ride menyumbang Rp 814 milliar. Mitra UMKM Go-Food kontribusinya Rp 892 milliar. Dan mitra Go-Life (Go-Clean dan Go-Massage) dengan kontribusinya Rp 48 milliar.

Perhitungan kontribusi ekonomi yang kami maksud berasal dari selisih pendapatan mitra Gojek dari sebelum hingga setelah mereka bergabung di Gojek. "Penelitian ini mencakup mitra dari empat layanan Gojek. Yaaitu layanan roda-dua Go-Ride, roda-empat Go-Car, Go-Food, dan Go-Life," lanjutnya.

Riset yang dilakukan di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Denpasar dengan menggunakan metode kuantitatif. Melalui wawancara tatap muka, dengan responden dipilih dengan pencuplikan acak  sederhana (simple random sampling) dari database mitra yang aktif dalam tiga bulan terakhir.  Responden di Denpasar yang merupakan mitra Go-Ride (385 responden); mitra Go-Car (50 responden); dan mitra UMKM Go-Food (100 responden); dan mitra Go-Life (80 responden).

Dari riset yang dilaksanakan, juga dapat diketahui rata-rata penghasilan mitra Gojek ternyata telah berada di atas upah minimum Kota Denpasar. Adapun rata-rata pendapatan mitra Go-Car di Denpasar Rp5,8 juta sedangkan rata-rata pendapatan mitra Go-Ride di Denpasar Rp 4,6 juta dan rata-rata pendapatan mitra Go-Life di Denpasar Rp4,9 juta.

Dari mitra Gojek yang diteliti, mitra Go-Car ternyata mengalami peningkatan  pendapatan tertinggi, yaitu 75 persen jika dibandingkan dengan pendapatan mereka sebelum bergabung dengan Gojek. "Selebihnya, para mitra Go-Car juga menggerakkan roda perekonomian daerah terlihat dari peningkatan pengeluaran 32 persen sejak bergabung di  Gojek," tambahnya.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia