Jumat, 21 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Wabup Sanjaya Pimpin Apel Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

20 Mei 2019, 22: 18: 04 WIB | editor : Nyoman Suarna

Wabup Sanjaya Pimpin Apel Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

APEL: Apel peringatan ke-111 Hari Kebangkitan Nasional, Senin (20/5), dimeriahkan dengan fragmentari kolosal SMAN 1 Kerambitan. (HUMAS PEMKAB TABANAN FOR BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, TABANAN - Pemerintah Kabupaten Tabanan memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019, Senin (20/5) di Lapangan Alit Saputra Tabanan. Pada apel tersebut, Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menjadi inspektur upacara. Hadir dalam upacara itu, Sekretaris Daerah Tabanan I Gede Susila, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tabanan, Kepala Perangkat Daerah, ASN Tabanan, serta para pelajar.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan yang dibacakan Wabup Sanjaya menyampaikan, semangat kebangkitan nasional yang tercetus 111 tahun lalu, ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Sampai sekarang tetap sangat ampuh menyatukan dan menyemangati gerak sebagai bangsa, memiliki semangat jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa. Namun sejarah kemudian membuktikan, semangat dan komitmen itu saja telah cukup, asalkan bersatu dalam cita-cita yang sama, yaitu kemerdekaan bangsa.

 “Dimana semangat itu tidak pernah pudar, justru semakin menunjukkan urgensinya bagi kehidupan berbangsa, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia,” tegasnya.

Wabup Sanjaya mengatakan, peringatan Harkitnas kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadhan. Bulan suci yang menuntun kita mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan. Seperti permusuhan, kebencian, apa lagi menyebar kebohongan dan fitnah. Sehingga relevan apabila harkitnas disematkan dengan tema ‘Bangkit Untuk Bersatu’.

 “Ini harus dimaknai dengan kemajemukan bahasa, suku, agama dan kebudayaan yang dimiliki bangsa ini. Sehingga dapat dibuktikan sampai saat ini masih mampu menjaga persatuan dan kesatuan yang ber-Bhineka Tunggal Ika,” paparnya.

Menurutnya, dalam seruan Presiden Joko Widodo pada pidato di depan sidang tahunan MPR tahun 2018 lalu, diimbau dengan petuah sacangreud pageuh, sagolek pangkek, yang menganjurkan bekerja secara gotong royong. Mengingat semangat persatuan dan gotong royong telah mengakar dan menyebar di seluruh Nusantara.

“Momentum peringatan Harkitnas ini mengajak kita sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan ini, dengan memperbaharui semangat gotong royong dan kolaborasi. Sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global, khususnya di Kabupaten Tabanan, guna tercapainya Tabanan yang Serasi (Sejahtera Aman dan Berprestasi),” tandasnya.

Apel peringatan Hari Kebangkitan Nasional tersebut juga disemarakkan dengan pementasan pragmentari kolosal persembahan siswa-siswi SMA Negeri 1 Kerambitan, dengan judul Dharmaning Ksatria.

(bx/ras/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia