Kamis, 20 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Pemkab Tabanan dan Toyama Kerjasama Pengolahan Kompos

21 Mei 2019, 23: 36: 36 WIB | editor : Nyoman Suarna

Pemkab Tabanan dan Toyama Kerjasama Pengolahan Kompos

KERJASAMA : Pemkab Tabanan bertemu Pemerintah Toyama membahas kerjasama). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, TABANAN - Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup I Made Subagia belum lama ini pergi ke Jepang untuk membahas kerjasama dengan Pemerintah Toyama, yakni kerjasama pabrik pengolahan sampah organik (kompos). 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabanan, I Made Subagia menjelaskan, tujuan keberangkatan adalah membahas kerjasama tersebut lebih lanjut, terutama membahas poin-poin kesepakatan kerjasama pembangunan pabrik kompos dengan teknologi RA-X.

"Kami diundang untuk membahas kerjasama tersebut. Kami diterima Walikota Toyama Jepang. Sebelumnya, pemerintah Toyama juga sudah datang ke Tabanan," ujarnya Selasa (21/5).

Saat ini pihaknya sedang melanjutkan koordinasi dari pihak Walikota Toyama Jepang kepada pemerintah Indonesia melalui Kementerian LHK RI.

"Kalau sudah rampung, tinggal menunggu mesin pengolahan sampah yang akan diberikan pemerintah Toyama Jepang," imbuhnya.

Ditambahkannya, Pemkab Tabanan wajib menyiapkan lahan dan anggaran untuk pembuatan gudang atau pabriknya. Maka dari itu, akan dibangun gudang di Desa Buwit, Kecamatan Kediri, Tabanan, karena di lokasi itu terdapat lahan aset pemerintah seluas 25 are. "Anggaran pembangunan gudang sebesar Rp 2,63 miliar lebih yang akan kami usulkan ke pusat melalui DAK 2020," lanjut Subagia seraya menambahkan, jika semua MoU sudah selesai dan G to G sudah sepakat, maka pabrik bisa beroperasi pada tahun 2020 mendatang.

(bx/ras/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia