Selasa, 12 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Seminar Nasional Dewan Kota Pusaka, Dukung Penguatan Kebudayaan

22 Mei 2019, 21: 46: 11 WIB | editor : Nyoman Suarna

Seminar Nasional Dewan Kota Pusaka, Dukung Penguatan Kebudayaan

SEMINAR: Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra saat membuka Seminar Nasional Dewan Kota Pusaka Kota Denpasar di Hotel Grand Santhi, Rabu (22/5). (ISTIMEWA FOR BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR – Pemkot Denpasar secara berkelanjutan terus berkomitmen mendukung kemajuan kebudayaan. Hal itu diwujudkan melalui beragam kegiatan dan inovasi seperti Seminar Nasional Dewan Kota Pusaka Indonesia oleh Dinas Kebudayaan bekerja sama dengan Dewan Kota Pusaka Kota Denpasar.

Seminar tersebut dibuka Walikota IB Rai Dharawjaya Mantra, ditandai pemukulan gong di Hotel Grand Santhi Denpasar, Rabu (22/5).

Pada seminar tersebut, selain Walikota Rai Mantra yang juga keynote speaker, juga hadir lima narasumber lainnya, yakni perwakilan Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Maestro I Wayan Griya, Aditia Gunawan, I Dewa Gede Windu Sancaya, dan I Wayan Muliarsa. Sedangkan para peserta yang hadir, meliputi pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar, bendesa se-Kota Denpasar, serta seluruh stakeholder kebudayaan.

Rai Mantra mengatakan, sesuai amanat UU Nomor 5 Tahun 2017, Kota Denpasar sangat mendukung pemajuan kebudayaan, karena budaya merupakan penuntun sikap, filsafat, etika, dan perbuatan fisik maupun non fisik.

Oleh karena itu, pembangunan dan penguatan kebudayaan hendaknya dilaksanakan seluruh pihak, termasuk seluruh OPD di lingkungan Pemkot Denpasar. “Hal penting yang harus diperhatikan adalah kekuatan kebudayaan itu sendiri. Semua pihak termasuk seluruh OPD wajib ikut serta dalam merancang program penguatan kebudayaan,” kata Rai Mantra.

Seminar ini merupakan salah satu program strategis. Mengingat, saat ini kreativitas dalam kebudayaan telah memberikan manfaat maksimal bagi kesejahteraan masyarakat. Ini dapat diukur dengan peningkatan IPM dan IKM.

 “Denpasar saat ini tengah menyelaraskan berbagai program pemajuan dan pembangunan kebudayaan, dan Denpasar telah menjai contoh skala nasional,” jelas Rai Mantra.

Sementara itu, Kadis Kebudayaan IGN Bagus Mataram mengatakan, seminar nasional yang mengangkat tema Pemajuan Kebudayaan, Kebangkitan Kota Budaya dan Dewan Kebudayaan Berbasis Kearifan Lokal, Strategi Nasional, dan Semangat SDG’S Menuju Kebahagiaan ini diikuti 200 peserta. Tujuannya membangkitkan Kota Budaya dan Dewan Kebudayaan yang kokoh dalam fungsi dan community based. Selain itu, sebagai upaya memberdayakan Dewan Kebudayaan dan Kota Budaya Denpasar bagi pemajuan kebudayaan. “Kami berharap seminar ini mampu menjadi acuan dalam penyusunan program kerja di masing-masing OPD, yang bermuara pada pemajuan kebudayaan,” kata Mataram.

(bx/wid/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia