Minggu, 26 Jan 2020
baliexpress
icon featured
Bali

Perpustakaan Keliling Kota Denpasar Sasar Sekolah dan Tempat Umum

Tumbuhkan Minat Baca Masyarakat

24 Mei 2019, 11: 44: 12 WIB | editor : Nyoman Suarna

Perpustakaan Keliling Kota Denpasar Sasar Sekolah dan Tempat Umum

ANTUSIAS: Seorang anak tampak antusias memilih buku di mobil perpustakaan keliling Denpasar. Setiap mobil perpustakaan keliling memuat 1.300 sampai 1.500 buku. (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR –  Kepala Bidang Layanan dan Pembinaan Perpustakaan, Kota Denpasar, Ni Wayan Purnamiasih menjelaskan, ada dua unit mobil perpustakaan keliling yang dimiliki Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar. Mobil ini merupakan bantuan dari Perpusnas RI dan satu lagi bantuan dari Walikota Denpasar. Masing-masing perpustakaan keliling memuat 1.300 sampai 1.500 buku.

Dikatakan, tujuan perpustakaan keliling tersebut untuk memberikan pelayanan kepada masyakarat terhadap kebutuhan perpustakaan. “Masyarakat yang punya waktu luang saat hari libur atau hari biasa, bisa mengunjungi kami di areal Pura Jagatnatha dan Lapangan Lumintang,” katanya.

Di samping itu, pihaknya juga ke sekolah-sekolah memberikan layanan perpustakaan, terutama ke SD dan SMP. Alasan mendasar menyasar SD dan SMP karena ingin mengembangkan minat dan budaya baca.

“Seperti yang sudah sering dikatakan, bahwa minat baca di Indonesia terbilang rendah. Nah, ini kami punya tugas bagaimana kiat-kiat meningkatkan minat baca masyarakat lebih dahulu. Minat ini dulu yang penting,” tegasnya.

Menurutnya, untuk memunculkan minat dan budaya baca menjadi agenda penting. Pihaknya berperan menumbuhkan minat baca masyarakat, melalui sosialisasi dan publikasi. Salah satu bentuk sosialisasi yang digunakan adalah melalui media perpustakaan keliling, sekaligus terpadukan dengan pelayanan kepada masyarakat.

(bx/ima/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia