Kamis, 20 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Nikmati Sensasi Terapi di Kolam Air Panas Angseri

24 Mei 2019, 18: 14: 50 WIB | editor : Nyoman Suarna

Nikmati Sensasi Terapi di Kolam Air Panas Angseri

TERAPI : Berkunjung ke objek wisata Kolam Air Panas Angseri, Tabanan, tak sekadar wisata semata, namun bisa terapi di kolam yang sudah ditata khusus. Bila ingin yang lebih khusus lagi dan tak terlalu banyak orang, tersedia kolam yang dikelilingi bilik ba (IGA KUSUMA YONI/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, TABANAN - Pulau Bali dengan predikat sebagai destinasi wisata budaya, juga memiliki beragam jenis wisata alam yang tidak kalah menantang. Bagi wisatawan yang pernah menikmati liburan di Tabanan, tentunya sudah tidak asing lagi dengan karakteristik wisata di wilayah ini. Salah satunya   destinasi wisata Kolam Air Panas atau yang lebih dikenal dengan Hot Spring.

Kabupaten Tabanan yang dikenal sebagai lumbung padi Bali ini, memiliki beberapa objek wisata Air Panas. Salah satunya adalah Kolam Air Panas Angseri, Tabanan, yang terletak di Desa Angseri, Baturiti.


Objek wisata  ini  tidak saja ramai dikunjungi  wisatawan lokal, tetapi juga oleh wisatawan asing yang berlibur ke Bali. Apa saja keunikan dari Kolam Air Panas yang dibuka mulai pukul 08.00 sampai  pukul 18.00 Wita ini?


Untuk menuju objek wisata ini, wisatawan butuh waktu sekitar 1 sampai 1,5 jam berkendara dari Kota Denpasar. Untuk menuju kolam permandian, wisatawan dari areal parkir akan diajak  tracking menysuri jalan setapak yang di kiri kanannya masih menghampar areal persawahan  hijau. Setelah melalui jalur tracking  sekitar 15 menit berjalan kaki, wisatawan akan sampai di areal Kolam Air Panas.  Wisatawan sudah bisa berenang sepuasnya di Kolam Air Panas Angseri,
setelah membayar karcis sebesar Rp 20 ribu per orang.


Menurut Made Sudana, salah seorang petugas loket Kolam Air Panas Angseri, selain memiliki spot wisata utama berupa kolam permandian air panas, objek wisata ini juga memiliki pemandangan yang tidak kalah bagusnya, yakni pemandangan sawah terasering.

 “Areal persawahan terasering  menjadi salah satu spot foto yang sangat menarik karena struktur sawah yang bertingkat-tingkat,” jelasnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group).


Air Panas Angseri memiliki beberapa kolam yang air panasnya  bisa digunakan wisatawan untuk berendam. Sudana menjelaskan, di  kolam besar dengan satu air terjun di sisi timur kolam, jadi tempat khusus berendam wisatawan karena airnya  tidak terlalu panas.


"Panas air belerang yang menyembur dari perut bumi ini sudah dinetralisasi dengan dinginnya air terjun mini yang mengalir dari sisi timur," bebernya. Meskipun sudah ada air terjun, lanjutnya,  namun panas airnya tetap konsisten, karena ada dua pipa yang mengalirkan air panas dari dalam perut bumi.


Kolam renang terbuka ini bebas  untuk anak-anak dan orang dewasa. Jadi,  selain kolam utama, di areal terbuka ini juga terdapat dua kolam lagi yang  lebih kecil.
Jika wisatawan ingin menikmati suasana yang tenang, objek wisata ini juga menawarkan kolam di dalam bilik bambu dengan harga tiket yang berbeda, yakni Rp 50 ribu per 30 menit. Di dalam bilik ini terdapat fasilitas yang sama, yakni kolam air panas.


Jika kolam terbuka bisa menampung ratusan orang, berbeda dengan kolam dalam bilik ini yang hanya mampu menampung maksimal enam orang. “Air panas yang ada di kolam dalam bilik ini dialirkan dari mata air panas utama di kolam utama menggunakan pipa paralon, sehingga suhunya lebih panas dari kolam terbuka,” terangnya.

 Sudana mengatakan, kolam air panas ini lebih sering dikunjungi oleh wisatawan lokal. Khususnya pada hari raya keagamaan, seperti Galungan dan Kuningan atau hari libur lainnya. Bila hari raya atau libur, lanjutnya,  rata-rata kunjungan per hari bisa mencapai angka di atas 150 orang.


"Selain menikmati suasana alam  yang hijau dan udara yang bersih, tujuan masyarakat lokal berwisata ke kolam air panas ini  untuk melakukan terapi, khususnya bagi mereka yang memiliki penyakit kulit," paparnya.


Ditegaskannya, air panas yang ada di kolam ini mengandung belerang, sehingga berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit yang  menahun. “Untuk yang terapi penyakit kulit, sudah banyak yang sembuh setelah mereka rutin datang berendam di kolam air panas ini,” ungkapnya.

(bx/gek/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia