Selasa, 25 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Tumpek Landep, Jasa Cuci Motor Ramai

25 Mei 2019, 07: 24: 09 WIB | editor : Nyoman Suarna

Tumpek Landep, Jasa Cuci Motor Ramai

RAMAI: Suasana salah satu tempat pencucian sepeda motor yang ramai menjelang Tumpek Landep. (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR – Sabtu (25/5) merupakan rahinan Tumpek Landep, hari dimana masyarakat Hindu di Bali secara umum melakukan persembahyangan. Selain keris dan senjata tajam lainnya, kendaraan yang menjadi moda transportasi juga ikut diupacarai. Sebagai persiapan, warga pun mencuci kendaraan mereka, yang secara langsung berdampak pada peningkatan omset jasa pencucian sepeda motor.

Salah satu usaha jasa cuci motor yang meraup untung yakni jasa cuci motor Krisna milik I Wayan Suwitra di wilayah Pemogan, Denpasar. Menjelang Tumpek Landep, usahanya mengalami kenaikan omzet yang signifikan. Bahkan sehari menjelang Tumpek Landep, atau pada Jumat (24/5), warga yang mencuci sepeda motor di tempatnya meningkat hingga dua kali lipat dibanding hari biasa.

 “Kami buka mulai pukul 07.00. Pada hari-hari biasa, kami dapat sekitar 50 unit (sepeda motor). Jelang Tumpek Landep ini mengalami peningkatan tajam. Bisa mencapai 100 unit lebih,” jelasnya.

Dia menambahkan, dengan tenaga pekerja berjumlah tiga orang, keuntungan ini dikatakannya tidak seberapa. “Kalau saya punya lahan dan pekerja yang lebih, pasti bisa menampung lebih banyak lagi costumer,” jelas pria asli Banjar Sakah ini.

Lonjakan pengguna jasa motor di tempatnya menjelang Tumpek Landep memang selalu ramai. Karena itu, dia mengakui, keuntungan dari jasa cuci motor menjelang Tumpek Landep memang menyenangkan hati. “Memang menggembirakan, tetapi seminggu setelah Tumpek Landep, mulai sepi lagi. Semua orang motornya sudah bersih,” jelasnya.

(bx/wid/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia