Kamis, 20 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Masyarakat Diharapkan Waspada Kanker

25 Mei 2019, 09: 05: 44 WIB | editor : Nyoman Suarna

Masyarakat Diharapkan Waspada Kanker

PEMBINAAN: Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Badung menggelar pembinaan PKTP di rumah jabatan Bupati Badung, Jumat (24/5). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS,  BADUNG- Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Badung menggelar pembinaan Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) di rumah jabatan Bupati Badung, Jumat (24/5). Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Badung, dr Gede Putra Suteja, Wakil Ketua YKI Provinsi Bali, Ni Wayan Tiyaning, dan perwakilan guru serta pegawai Kabupaten Badung.

Tim YKI Badung,, I Wayan Muliana dalam laporannya menyatakan, YKI Cabang Badung telah melaksanakan berbagai kegiatan sesuai dengan bidang-bidang. Salah satunya, bidang organisasi sebagai corong dalam bermitra dengan pemerintah.

 "Sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Yayasan Kanker Indonesia, tugas dan fungsi bidang organisasi adalah mengupayakan pengembangan organisasi baik intern maupun ekstern untuk dapat melaksanakan misi organisasi YKI sebagai mitra pemerintah dalam penanggulangan kanker," ungkapnya.


Adapun berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan YKI Cabang Badung, di antaranya PKTP di sekolah, sosialisasi kanker kepada masyarakat, vaksinasi kanker serviks, deteksi dini kanker serviks, pemeriksaan IVA, PAP smear, servical scan, deteksi dini kanker payudara, sadari, sadanis, pemeriksaan USG, HBVS, dan pemberian PMT pada penderita kanker.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, dr Gede Putra Suteja menyampaikan terima kasih kepada YKI Cabang Badung, khususnya pembina yang sudah mendukung dan berkenan memberikan pembinaan dan arahan. Ia pun berharap pelaksanaan program Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna dapat lebih optimal. "Tentu kami harapkan PKTP  berjalan lebih optimal ke depan," katanya.

Masyarakat juga diharapkan proaktif dalam upaya pencegahan dan deteksi dini kanker. Di samping menerapkan pola hidup sehat, juga melakukan langkah-langkah pemeriksaan, baik medis maupun mandiri. "Jadi perlu kesadaran dari masyarakat, sehingga penyakit kanker ini bisa kita cegah sedini mungkin," tandasnya.

(bx/adi/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia