Kamis, 20 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Puluhan Sekolah di Gianyar tanpa Kepsek

26 Mei 2019, 16: 34: 06 WIB | editor : I Putu Suyatra

Puluhan Sekolah di Gianyar tanpa Kepsek

I WAYAN SADRA: Plt Kadisdikpora Kabupaten Gianyar, I Wayan Sadra (PUTU AGUS ADEGRANTIKA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, GIANYAR - Sebanyak 23 sekolah dasar (SD) dan 4 sekolah menengah pertama   (SMP) di Gianyar saat ini tanpa kepala sekolah. Kekosongan tersebut sementara diisi oleh guru senior di masing-masing sekolah selaku pelaksana tugas (Plt). Namun untuk pengisiannya dipastikan tahun ini semua sekolah akan terisi kepala sekolah, hal itu dijelaskan oleh Plt Kadisdikpora Kabupaten Gianyar, I Wayan Sadra, Jumat lalu (24/5). 

Dalam kesempatan tersebut ia mengatakan Plt kepala sekolah yang ada masih guru sekolah bersangkutan. Namun dipilih guru yang senior. "Sudah ditunjuk guru senior di sekolah tersebut, karena dia yang mengetahui kondisi sekolah saat ini," terangnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group). 

Kekosoangan tersebut terdiri atas 4  SMP dari 23 SMP negeri yang  ada. Yaitu SMP N 3 Payangan, SMP N 1 Tampaksiring, SMP N 4 Sukawati dan sekolah baru berdiri SMP N 3 Blahbatuh. Sedangkan untuk sekolah dasar dari yang jumlahnya 281 sekolah, 23 diantaranya diisi oleh PLT kepala sekolah. "Sehingga total ada 27 sekolah yang diisi oleh PLT kepala sekolah," paparnya. 

Dalam kesempatan itu ia mengaku kekosongan ini dikarenakan dominan kepala sekolah negeri tersebut sudah pensiun. Ada yang pensiun akhir 2018 lalu, ada juga yang pensiun awal tahun 2019 ini. "Sementara bapak bupati baru bisa melakukan pengisian beberapa bulan setelah dilantik," imbuh pria asli Klungkung ini. 

Sadra menambahkan, memasuki pertengahan tahun ini pihaknya memastikan sejumlah posisi kepala sekolah itu sudah akan diisi oleh Bupati Gianyar I Made Mahayastra. Dia mengaku nantinya juga akan ada penyesarahan SK kepala sekolah, kepada guru yang ditunjuk sebagai kepala sekolah. 

Posisi kepala sekolah itu tentunya akan diisi oleh guru PNS,  dan yang sudah memiliki sertifikat calon kepala sekolah. Bahkan ia menambahkan jumlah guru yang memiliki sertifikat yang dimaksud di Gianyar masih memadai.

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia