Sabtu, 07 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

HLUN di Denpasar, Diisi Beragam Lomba

26 Mei 2019, 22: 48: 25 WIB | editor : Nyoman Suarna

HLUN di Denpasar, Diisi Beragam Lomba

JOGED BUMBUNG: Lomba joged bumbung lansia yang digelar di halaman Parkir Graha Sewaka Dharma Lumintang, Denpasar, Minggu (26/5). (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR – Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional atau HLUN, Dinas Sosial Kota Denpasar mengadakan berbagai macam lomba, di antaranya lomba magenjekan yang diikuti empat kelompok peserta, kemudian lomba tari joged, hingga lomba pakaian adat ke pura.

Lomba yang dibuka Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara itu, digelar di halaman Parkir Graha Sewaka Dharma Lumintang, Denpasar, Minggu (26/5).

Pada kegiatan yang mengusung tema Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera, dan Bermartabat, Kepala Dinas Sosial I Made Mertha Jaya menyampaikan, kegiatan HLUN yang puncaknya dilaksanakan Rabu (29/5), diharapkan dapat menjadi motivasi para lanjut usia. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi antar lansia di Denpasar.

“Karena itu, HLUN ini kami rangkai dengan berbagai kegiatan, seperti senam massal yang diikuti sekitar 100 lansia dari berbagai desa,” ucapnya seraya menambahkan, HLUN juga diisi dengan berbagai lomba dan safari kesehatan dengan menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Disinggung mengenai kartu lansia di Denpasar. Mertha Jaya menuturkan, telah dipadukan dengan edukasi Kota Tangguh Sosial. “Jadi ada beberapa kegiatan yang dilakukan, salah satunya adalah pemberian santunan kepada lanjut usia terlantar, jumlahnya mencapai 259 orang,” sambungnya.

Mereka inilah yang diberikan bantuan berupa uang, tiap bulannya sebanyak Rp 500 ribu. Bantuan ini dipergunakan untuk kebutuhan hidup.

Meski begitu, diakuinya, di Denpasar banyak lansia yang telah berumur 60 tahun, tetapi masih produktif. “Oleh karena itu, kami tengah merancang untuk memberikan kesempatan kepada warga masyarakat kategori lansia produktif semacam pekerjaan untuk menambah penghasilan,” jelasnya.

Acara Minggu (26/5) dibuka langsung Wakil Walikota Jaya Negara yang dihadiri Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede beserta Sekda AAN Rai Iswara, dan undangan lainnya.

(bx/wid/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia