Jumat, 06 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Pelantun Tri Sandya, Ida Pedanda Gede Made Tembau Berpulang

28 Mei 2019, 23: 10: 07 WIB | editor : Nyoman Suarna

Pelantun Tri Sandya, Ida Pedanda Gede Made Tembau Berpulang

Ida Pedanda Gede Made Tembau semasa hidupnya. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, SEMARAPURA - Umat Hindu berduka, menyusul adanya kabar bahwa Ida Pedanda Gede Made Tembau, lebar (meninggal), Selasa malam (28/5). Sulinggih dari Gria Kulon, Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung tersebut dikenal dengan lantunan Puja Tri Sandya yang cukup populer di Bali. Ida Pedanda meninggal dalam perawatan di Rumah Sakit (RS) Balimed, Denpasar sekitar pukul 19.00.

Putra bungsunya, Ida Bagus Wibawa mengatakan, Ida Pedanda menjalani perawatan selama tiga hari. Berdasar diagnosis dokter, sulinggih berusia 74 tahun tersebut menderita tumor di kantung kemihnya. “Ini masih proses pemulangan layon ke gria,” ujar Wibawa saat dikonfirmasi Bali Express (Jawa Pos Group), Selasa (28/5) malam.

Hingga semalam, belum ditentukan kapan upacara palebonnya. Pria yang juga pegawai di Museum Semarajaya, Klungkung itu menegaskan, upacara selanjutnya perlu dirundingkan dengan keluarga besarnya. “Keluarga masih berduka,” jelas Wibawa.

Istri almarhum, Ida Pedanda Istri Oka, 68, ditemui di gria Kolon Minggu (26/5) menuturkan, sebelum menjalani rawat inap di RS Balimed, almarhum sempat bolak-bolak RS. Mulai mengeluh sakit sejak 17 Mei lalu, yakni kencing darah. Khawatir semakin parah, penyakit tersebut diperiksakan ke dokter praktik di Klungkung. Sempat di USG, lalu rawat inap di RS Surya Husada. Di sana dikatakan satu ginjal Ida Pedanda tidak berfungsi dengan baik, dan diminta menjalani operasi. Selama empat hari menjalani perawatan, Ida Pedanda sulit makan. Hanya tidur. “Mungkin karena pengaruh obat,” ujar Ida Pedanda Istri Oka.

Setelah sempat di sana, Ida Pedanda lalu sempat dirawat di RSUP Sanglah selama lima hari. “Setelah di Sanglah dapat ke gria. Beberapa hari di gria, lagi sakit. Diajak ke RS Balimed,” terangnya.

Ida Pedanda Gede Made Tembau merupakan sosok sulinggih dengan suara yang khas. Saat walaka bernama Ida Bagus Gde Diksa. Beliau sempat berkarir di dunia pendidikan sebagai guru, bahkan sempat menjadi kepala SD Negeri 1 Akah, Klungkung. Sempat pula tercatat sebagai sekaa drama gong Bintang Bali Timur.

(bx/wan/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia