Minggu, 26 Jan 2020
baliexpress
icon featured
Balinese

Tonggak Awal Aktivitas Ritual Umat Hindu Saat Sasih Kasa

29 Mei 2019, 09: 05: 43 WIB | editor : I Putu Suyatra

Tonggak Awal Aktivitas Ritual Umat Hindu Saat Sasih Kasa

KARAKTER : Butuh Macaru khusus, bila upacara yang tidak pas yang dilakukan saat Sasih Kasa, karena bisa berpengaruh pada karakter seseorang. (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR - Setiap warga Hindu, khususnya di Bali, biasanya memiliki Kalender Bali yang tergantung di dinding rumahnya masing-masing. Dari kalender tersebut, orang yang tidak hapal dengan perhitungan atau penanggalan hari suci, terfasilitasi oleh benda ini.

Kalender Bali dipengaruhi oleh sistem sasih, selain sistem wuku atau wewaran. Tak jauh berbeda dengan tahun Masehi yang berjumlah 12 bulan. Sistem Sasih juga berjumlah 12 dalam setahunnya.

Perhitungan Sasih jelas tidak sama dengan sistem Masehi, karena sistem sasih memiliki selisih enam bulan dari Masehi. Misalnya, Masehi menunjukkan bulan Juli, maka perhitungan Sasih menunjukkan bulan pertama atau Sasih Kasa. Sasih kasa terbilang tonggak penting bagi agama Hindu di Bali, khususnya. Tonggak penting tersebut dalam pengertian tonggak awal bagi umat Hindu untuk menjalankan aktivitas ritual. Banyak sekali masyarakat Hindu yang melangsungkan aktivitas ritualnya saat sasih tersebut.


Penyusunan Kalender Bali asal Bangli, Dr Gede Sutarya menyampaikan bahwa Sasih Kasa merupakan bulan pertama dalam sistem perhitungan kalender Bali.


Mantan wartawan yang aktif menulis buku terkait budaya dan agama Hindu ini, juga mengatakan bahwa Sasih Kasa menjadi tonggak awal kegiatan ritual agama Hindu.  Meskipun demikian, lanjut pengamat pariwisata ini, tidak semua kegiatan ritual bisa dilaksanakan pada sasih tersebut. “Ritual yang bisa dilaksanakan hanyalah upacara yang berkaitan dengan Pitra Yadnya saja,” jelas Ahli Palintangan yang juga  Dosen Institut Hindu Dharma (IHDN) Denpasar ini kepada Bali Express (Jawa Pos Group) akhir pekan kemarin di Denpasar.


Sasih Kasa, lanjut Sutarya, identik dengan sasih orang Ngaben dan aktivitas Pitra Yadnya lainnya. Dikatakannya, Sasih Kasa dianggap menjadi bulan yang baik untuk melakukan ritual Pitra Yadnya,  hal tersebut tidak terlepas dari posisi matahari yang berada di belahan bumi utara.
“Dalam mitologi Hindu, arah utara sebagai arah mencapai Surga. Sehingga ketika posisi matahari berada di belahan bumi utara atau dalam Jyotisha Sastra (Ilmu Astronomi Hindu) dikenal sebagai Utarayana. Diyakini merupakan jalan terang bagi Sang Pitara mencapai Surga,” tambahnya.


Saat Sasih Kasa, masyarakat Hindu di Bali percaya saat matahari bergerak ke arah utara atau belahan bumi utara pada Sasih Kasa  terjadi titik balik musim panas. Pada saat tersebutlah, saat yang baik untuk pelaksanaan Pitra Yadnya. “Sama seperti pilihan matinya Bhisma Putra Gangga, yaitu pilihan dimana di lintang utara sedang musim panas dan bunga mulai bermekaran,” tambahnya.


Sasih Kasa, tambahnya, merupakan hari baik melakukan aktivitas ritual karena pada sasih tersebut disebutkan bahwa Putra Dewa Siwa yaitu Dewa Kartekiya yang dilambangkan dengan rasi bintang Kartika sudah kembali ke orbitnya. Sehingga bumi dikatakan sudah kembali mendapat perlindungan dari Dewa Kartikeya. Perlindungan ini misalnya menghalau segala bentuk wabah penyakit yang ada di bumi. Selain itu, Dewi Uma sebagai Dewi Kesuburan juga telah kembali ke bumi untuk kembali mengembalikan kesuburan tanah di Bumi.


Jika dilihat dari siklus musim, lanjutnya, pada Sasih Kasa  merupakan bagian dari musim kemarau dengan ciri sumur mulai mengering dan sumber-sumbe air mengalami penurunan debit karena curah hujan yang menurun. Namun, hal tersebut menurut Sutarya, bisa saja berubah.
"Selain sebagai tonggak awal untuk memulai aktivitas ritual, pada Sasih Kasa ini, juga menjadi hari dimana para petani mulai untuk membakar jerami dan mulai menanam palawija, dan selanjutnya pada bulan Agustus nanti kembali menanam padi," pungkasnya. (akd)

(bx/rin/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia