Minggu, 26 Jan 2020
baliexpress
icon featured
Balinese

Sasih Kasa Baik untuk Ngaben, Kurang Baik untuk Nganten

29 Mei 2019, 09: 09: 05 WIB | editor : I Putu Suyatra

Sasih Kasa Baik untuk Ngaben, Kurang Baik untuk Nganten

KALENDER : Ahli Palintangan dan Penyusun Kalender Bali, DR Gede Sutarya. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR - Meskipun Sasih Kasa menjadi bulan baik untuk melangsungkan aktivitas ritual, khususnya Dewa Yadnya dan Pitra Yadnya (Sasih Kasa identik dengan sasih orang Ngaben). Namun, pada Sasih Kasa dianggap tidak baik untuk melaksanakan upacara perkawinan (Nganten) ataupun upacara Manusa Yadnya lainnya.

Menurut Ahli Palintangan DR Gede Sutarya, karakter alam pada Sasih Kasa yang gersang dan diselimuti dingin yang menusuk dianggap berpengaruh pada kedua pasangan yang hendak membangun bahtera rumah tangga sepanjang hidup. “Sehingga sasih ini tidak baik untuk sasih orang Nganten. Begitu juga dengan Sasih Karo, tidak baik juga untuk orang Nganten,” papar Sutarya kepada kepada Bali Express (Jawa Pos Group) akhir pekan kemarin di Denpasar.
Jika melangsungkan upacara perkawinan pada Sasih Kasa ini, maka perkawinan yang dilaksanakan dipercaya akan menemukan ketidakharmonisan antara pasangan suami istri. Atau yang paling fatal, lanjut Sutarya, biduk rumah tangga yang dijalani kedua mempelai bisa berakhir.


"Kalaupun harus melakukan upacara perkawinan pada Sasih Kasa ini, aktivitas ritual tersebut harus didahului dengan melakukan ritual macaru dewasa untuk menghidari dampak buruk dari Sasih Kasa sebagai sasih yang tidak baik untuk dewasa melangsungkan perkawinan," paparnya.
Macaru merupakan salah satu upaya untuk  menghidari terjadinya akibat fatal yang disebabkan oleh karakter pada Sasih Kasa, sehingga tidak membawa dampak pada rumah tangga si mempelai.

“Sangat tidak disarankan bagi umat Hindu untuk melaksanakan upacara perkawinan pada rentang waktu antara Sasih Kasa dan Sasih Karo,” tambahnya. (akd)

(bx/rin/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia