Jumat, 06 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Viral Video Bule Bersihkan Sampah, Ini Jawaban Manajemen

10 Juni 2019, 16: 55: 07 WIB | editor : I Putu Suyatra

Viral Video Bule Bersihkan Sampah, Ini Jawaban Manajemen

BERSIH-BERSIH : Gotong royong pembersihan di sekitar Danau Beratan oleh DTW Ulun Danu Beratan, Senin (10/6). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, TABANAN - Sebuah video yang menayangkan seorang bule turun ke pinggir Danau Beratan di kawasan Daya Tarik Wisata (DTW) Ulun Danu Beratan untuk mengambil sampah viral beberapa hari yang lalu. Hal itu pun menimbulkan pro dan kontrak dikalangan netizen. Selain salut dengan aksi si bule, tak sedikit netizen yang menilai DTW Ulun Danu Beratan harus lebih meningkatkan pelayanan terutama dalam hal kebersihan.

Terkait hal tersebut, Manajer Operasional DTW Ulun Danu Beratan I Wayan Mustika mengatakan bahwa pihaknya sendiri sangat mengapresiasi tindakan pengunjung bule tersebut yang menunjukkan akan kepeduliannya terhadap lingkungan. Namun ia meminta agar semua berfikir realistik, dimana kawasan DTW Ulun Danu Beratan sangat luas, dan pihaknya tetap memaksimalkan kebersihan. "Dan yang jadi sepadan pura kurang lebih 700 meter juga kita bersihkan setiap hari," tegasnya Senin (10/6).

Kemudian menurutnya, peristiwa itu terjadi saat momen libur lebaran, dimana kunjungan ke DTW Ulun Danu Berafan mencapai 5.000 orang pengunjung sehingga kawasan sangat padat. Sedangkan saat jam kunjungan, petugas kebersihan yang ada tidak bisa melakukan pembersihan karena akan mengganggu pengunjung yang mengambil gambar. "Tetapi setiap hari pembersihan dilakukan dua kali, pagi dan sore. Dan kita punya tenaga hanya sampai pukul 17.00 Wita untuk keliling mengontrol kebersihan, sedangkan itu kejadiannya diatas jam tersebut," papar Mustika.

Padahal menurutnya demi kenyamanan pengunjung, pihaknya rutin menggelar kerja bakti dengan bergotong royong di sekitar kawasan DTW Ulun Danu Beratan utamanya disekitar danau. Disamping itu pihaknya juga telah menyediakan bak-bak sampah disepanjang objek. "Dan kita sudah mengimbau pengunjung untuk ijut menjaga kebersihan saat berkunjung, tetapi itu semua kembali pada pribadi masing-masing," tandasnya.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia