Selasa, 10 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

SDN 6 Lodtunduh Bulan Depan Rencana Diregrouping

10 Juni 2019, 17: 38: 11 WIB | editor : I Putu Suyatra

SDN 6 Lodtunduh Bulan Depan Rencana Diregrouping

SEPI: Suasana Sekolah Dasar (SD) Negeri 6 Lodtunduh, Ubud tampak sepi, Senin (10/6), dan rencana akan diregrouping per Juli memdatang. (PUTU AGUS ADEGRANTIKA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, GIANYAR - Sekolah Dasar (SD) Negeri 6 Lodtunduh, Kecamatan Ubud, Gianyar rencananya akan diregrouping ke SDN 3 Lodtunduh, 15 Juli 2019 mendatang. SD yang ada di lingkungan Banjar Gelogor, Desa Lodtunduh itu hanya memiliki 35 siswa dan tanpa siswa kelas 1 dan siswa kelas 6. Hal itu dijelaskan oleh Kepala Sekolah SDN 6 Lodtunduh, I Nyoman Nawa, Senin (10/6). 

Pria asli Banjar Penestanan, Desa Sayan ini juga mengaku penggabungan siswanya ke SDN 3 Lodtunduh yang ada di daerah Banjar Klingkung desa setempat juga sudah ada Surat Keputusannya. "Rencananya memang akan diregrouping ke SDN 3, lokasinya ada di Banjar Klingkung, Desa Lodtunduh. Katanya SK sudah turun, tapi masih di dinas," jelasnya. 

Dalam kesempatan itu, dia mengatakan kemungkinan regrouping akan dilakukan pada 15 Juli 2019 mendatang. Sehingga pihaknya masih menunggu arahan dari dinas untuk proses pemindahan siswa maupun fasilitas belajar yang ada.

"Siswanya total ada 35 yang akan gabung ke sana, yaitu siswa kelas dua sampai lima saja.  Karena kelas satu dan enam memang kami tidak punya," ungkapnya. 

Diungkapkan juga masyarakat pendukung yang bersekolah di SD tersebut berasal dari Banjar Gelogor, Desa Lodtunduh, Ubud yang dikatakan berjumlah 130 krama banjar. Terkait minimnya siswa baru yang bersekolah di sana pihaknya  sudah sempat mencari solusi dengan rapat bersama komite sekolah, orang tua siswa, kepala desa, dan kepala dusun. 

Selain itu, dari dinas juga sudah membuatkan zonasi, namun tetap saja sedikit yang bersekolah ke sana. "Untuk pemindahan tinggal tunggu SK saja, kemungkinan pada kenaikan kelas nanti sudah ada karena mulai masuk awal tahun ajaran baru," imbuhnya. 

Dikonfirmasi Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Gianyar, I Wayan Sadra mengatakan regrouping pada SDN 6 Lodtunduh dilakukan per Juli mendatang. Namun pemanfaatan lahan itu nanti belum dipaparkan lebih lanjut, karena baru sampai pembahasan regrouping saja. 

"Setelah regrouping nanti pemanfaatan itu ya belum tahu, entah dijadikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau bagaimana yang jelas tetap lembaga pendidikan," terangnya. 

Pria asli Klungkung itu menambahkan dasar regrouping sekolah tersebut memang tidak mendapatkan siswa. "Itu pengajuan diregrouping bukan karena bagaimana, tapi  memang tidak mendapatkan siswa," imbuh Sadra.

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia