Rabu, 19 Jun 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Pemulung Curi Besi Pembatas Jalan Bypass Mantra Senilai Rp 300 Juta

11 Juni 2019, 17: 32: 44 WIB | editor : I Putu Suyatra

Pemulung Curi Besi Pembatas Jalan Bypass Mantra Senilai Rp 300 Juta

DIBEBERKAN : Para pelaku kejahatan yang berhasil diamankan oleh anggota Polsek Sukawati, di Aula Mapolsek Sukawati, Selasa (11/6). (PUTU AGUS ADEGRANTIKA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, GIANYAR – Seorang pemulung sekaligus spesialis pencuri besi baja pembatas jalan di sepanjang Bypass Ida Bagus Mantra dibekuk Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Sukawati. Pelaku, Muhammad Hosen,57 asal Dusun Krajan, Desa Mangaran, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur ditangkap di kosannya daerah Kertalangu Denpasar Timur. Ia ditangkap karena terbukti mencuri besi pembatas jalan yang bernilai Rp 300 juta pada Senin (10/6).

Kasus itu tercium oleh pihak kepolisian berawal dari informasi masyarakat, bahwa sepanjang jalan Bypass Ida Bagus Mantra sering terjadi kehilangan besi baja penyangga pembatas jalan. Selanjutnya tim opsnal Unit Reskrim Polsek Sukawati melakukan penyelidikan dan pengintaian.

Sehingga pada Senin (10/6) sekitar pukul 00.30, tim opsnal bersama salah seorang warga dari Banjar Pabean, Desa Ketewel, Sukawati, mencurigai seseorang yang duduk-duduk di pembatas jalan. Ketika didekati, orang tersebut melarikan diri ke arah timur. Sempat dikejar hingga ke arah pantai yang ada di wilayah Banjar Pabean namun kehilangan jejak.

Dalam melakukan penyisiran, tim opsnal menemukan 1 unit sepeda motor Honda Vario 125 warna hitam nopol DK 5868 AAN yang diduga milik pelaku. Kemudian dikumpulkan data dan keterangan saksi-saksi di sekitar TKP sampai ke wilayah Denpasar Timur. Sesuai informasi diketahui terduga pelaku tinggal di sebuah kos-kosan di Banjar Kerta Jiwa Kertalangu, Desa Kesiman, Denpasar Timur. 

Selanjutnya dilakukan pengintaian di tempat kos tersebut sampai beberapa jam. Orang yang diduga pelaku pencurian berhasil ditangkap setelah sempat bersembunyi di kamar mandi belakang kosnya tersebut.

Saat melakukan rilis dengan awak media, Kapolsek Sukawati AKP Suryadi didampingi Kanit Reskrim Polsek Sukawati IPTU I Gusti Ngurah Jaya Winangun, membeberkan pelaku, Selasa (11/6). Selain pelaku dan barang bukti berupa besi baja, dibeberkan pula para pelaku kejahatan yang pihaknya tangkap selama ini.

“Dari hasil interogasi terhadap pelaku, yang bersangkutan mengakui telah melakukan pencurian besi baja pembatas jalan sepanjang Bypass Ida Bagus Mantra sebanyak 15 kali. Itu pun dilakukannya dalam waktu sebulan pengakuan dia,” ungkap Suryadi.

Dijelaskan berdasarkan hasil intograsi, pelaku sendiri merupakan seorang pemulung. Sehingga dengan leluasa ia dapat menjual hasil curian tersebut, hingga sampai bisa membeli sepeda motor. Bahkan jika ditotalkan hasilnya sampai Rp 300 juta.

Sedangkan barang bukti yang berhasil diamankan dari pelaku terdiri atas, 1 unit sepeda motor Honda Vario 125 nopol DK 5868 AAN, 1 unit sepeda motor Honda PCX nopol 3974 ABO, 53 potong besi baja penyangga pembatas jalan seberat 250 kg, baut 15 kg, 2 buah kunci Inggris dan 1 buah tang.

“Pelaku disangkakan pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman 7 tahun penjara. Kasus ini juga terungkap berkat informasi dari masyarakat,” imbuh Suryadi.

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia