Selasa, 19 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Jokowi hanya akan Hadiri Pawai Pembukaan PKB

14 Juni 2019, 19: 39: 55 WIB | editor : I Putu Suyatra

Jokowi hanya akan Hadiri Pawai Pembukaan PKB

GLADI: Sejumlah pengisi acara pawai PKB ke-41 menggelar gladi di Renon, Jumat (14/6). (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR - Pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) Ke-41 akan dimulai Sabtu (15/6), hingga satu bulan ke depan. Seperti biasa, ajang seni dan kebudayaan Bali yang rutin digelar tiap tahun ini akan diawali dengan pelepasan pawai di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Renon. Lalu, malam harinya diisi dengan pembukaan yang disusul dengan pementasan di panggung terbuka Ardha Chandra, Art Center.

Sebelumnya, dua agenda awal PKB pada tahun ini akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun informasi terakhir pada Jumat (14/6), Jokowi diperkirakan hanya akan menghadari satu di antara dua agenda tersebut.

Jokowi hanya akan Hadiri Pawai Pembukaan PKB

GLADI: Sejumlah pengisi acara pawai PKB ke-41 menggelar gladi di Renon, Jumat (14/6). (AGUNG BAYU/BALI EXPRESS)

Jokowi diperkirakan akan hadir pada pelepasan pawai di Renon. Atau dengan kata lain, selain melepas pawai, Jokowi pada agenda itu sekaligus membuka pelaksanaan PKB Ke-41 pada tahun ini. Selanjutnya, Jokowi akan bertolak dari Bali untuk menghadiri agenda lainnya di daerah lain.

Jadwal presiden itu pun membuat pelaksanaan pawai dibatasi dari segi durasi waktunya. Khususnya bagi kontingen dari masing-masing kabupaten/kota di Bali. Durasi keseluruhan rangkaian pawai masing-masing kontingen dan delegasi sekitar satu setengah jam.

“Iringan pawai di-frame satu setengah jam,” jelas Koordinator Pawai PKB Ke-41, Kadek Wahyudita saat dikonfimasi usai gladi bersih yang juga dilaksanakan kemarin pagi.

Gladi yang dilaksanakan bersama Paspampres tersebut di antaranya meliputi persiapan panggung, penyesuaian waktu atau durasi pementasan masing-masing peserta pawai. Hingga soal properti.

“Sesuai rundown, Presiden akan melepas sekaligus membuka pada pukul 14.00. Rencananya pelepasan dan pembukaan akan dilakukan Presiden dengan pemukulan kulkul,” alumni Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar ini.

Masih seusai rundown, presiden akan meninggalkan lokasi pawai sekitar pukul 16.00. Rencananya, presiden akan menaiki mobil hias seperti pelaksanaan PKB sebelumnya.

“Untuk seniman dan peserta yang akan terlibat dalam pawai nanti jumlahnya mencapai empat ribuan lebih. Masing-masing kabupaten/kota rata-rata mengirimkan empat ratus orang. Minus Gianyar. Karena Gianyar mengirimkan sekitar 750 orang,” pungkas Kadek Wahyu.

(bx/hai/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia