Kamis, 18 Jul 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Pohon Beringin Patah, Timpa 5 Mobil di Bangli, Empat Korban Luka-luka

14 Juni 2019, 20: 13: 14 WIB | editor : I Putu Suyatra

Pohon Beringin Patah, Timpa 5 Mobil di Bangli, Empat Korban Luka-luka

SATU JAM: Petugas gabungan melakukan evakuasi terhadap mobil yang ringsek, Jumat (14/6) sore. (PUTU AGUS ADEGRANTIKA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, BANGLI - Pande Putu Rastika Paramarta, 22, tak menyangka, dirinya nyaris bakal kehilangan nyawa. Sebab batang pohon beringin berdiameter sekitar 3 meter, tiba-tiba menghantam bagian atas mobil yang dikendarainya. Batang ujung beringin Pura Dalem Selaungan, Banjar Pande, Kelurahan Cempaga, itu menimpa lima mobil dan dua motor sekaligus.

Pria asal Banjar Pule, Kelurahan Kawan, Kota Bangli, itu pada Jumat (14/6) sekitar pukul 15.00 memang melintas di Jalan Erlangga, Kota Bangli. Korban melaju dari timur menuju barat. Jalanan juga macet. Dia saat itu sedang belajar mengemudi bersama instrukturnya, Pande Wayan Candra, 51, asal Desa Tamanbali, Bangli.

Pohon Beringin Patah, Timpa 5 Mobil di Bangli, Empat Korban Luka-luka

SATU JAM: Petugas gabungan melakukan evakuasi terhadap mobil yang ringsek, Jumat (14/6) sore. (AGUS EKA PURNA NEGARA/BALI EXPRESS)

Pande Rastika dibuat kaget karena potongan kayu langsung menghujam bagian atas mobil. Korban yang masih dalam tahap memantapkan kemampuan mengemudinya itu, tak bisa menghindar dan pasrah begitu saja. Mobil Avanza putih DK 708 BQ yang sia kemudikan, mengalami ringsek cukup parah di bagian atas tengah hingga belakang. Pande mengalami luka ringan, sementara sang instruktur, Wayan Candra mengalami luka berat dan sudah dirujuk ke Rumah Sakit Umum (RSU) Bangli.

Informasi yang dirangkum Bali Express (Jawa Pos Group), total korban mencapai empat orang. Mereka di antaranya Ketut Suwitra, 36 dan Pande Wayan Candra, 51, mengalami luka berat. Sedangkan Nyoman Sujana, 27, dan Pande Putu Rastika Paramarta, 22, mengalami luka ringan. Semua korban sudah mendapat perawatan di RSU Bangli

Menurut salah seorang saksi, Putu Astawa, 27, kala itu ia hendak menjemput istrinya yang berjualan di Pura Dalem Selaungan. Dia mengemudikan Carry Pickup DK 8238 PU dan memarkirkannya di seberang jalan depan beringin. Tak berselang lama, Astawa melihat batang pohon patah dan menimpa mobilnya sendiri. "Kejadiannya cepat. Saya tidak apa-apa," kata Astawa. 

Saksi lainnya, Nyoman Sujana, 27, juga terhindar dari maut. Dia mengalami luka ringan. Namun rekannya, Ketut Suwitra luka berat akibat tertimpa batang beringin. Suwitra duduk di bak mobil carry DK 8024 PP yang dikemudikan Sujana. Sujana sudah mengetahui batang pohon tersebut. Dia berusaha injak gas, namun tak berhasil menghindar.

Wakapolres Bangli, Kompol I Made Krisnha, ditemui di lokasi kejadian mengungkapkan, usia pohon sudah ratusan tahun. Di samping itu cuaca di Kota Bangli sedang hujan ditambah tiupan angin membuat batang pohon patah dan menimpa sejumlah kendaraan.

"Kerugian diperkirakan ratusan juta. Karena ini yang rusak adalah mobil. Ada lima dan satu unitnya saja ratusan juta," kata Krisnha.

Pantauan di lokasi menunjukkan, proses evakuasi berlangsung hampir satu jam. Sebanyak 50 personel Polres Bangli dan gabungan dari Polsek Bangli dan BPBD, membantu evakuasi. "Masyarakat juga ikut sukarela. Proses evakuasi jadi cepat. Memang arus lalu lintas teeganggu karena menghalangi ruas jalan," pungkas Krisnha.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia