Kamis, 18 Jul 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Denpasar Jadi Pilot Project Penerapan Smart Water Management System

15 Juni 2019, 10: 02: 34 WIB | editor : I Putu Suyatra

Denpasar Jadi Pilot Project Penerapan Smart Water Management System

KERJASAMA: Direktur Divisi Konstruksi Pemerintah Korea, Lee Sang Heon (empat dari kiri) bertemu Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di Kantor Walikota Denpasar, Jumat (14/6). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR - Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Korea menjalin kerjasama terkait dengan penerapan Smart Water Management System. Kota Denpasar menjadi pilot project penerapan sistem yang berbasis Informasi Komunikasi dan Teknologi (ICT) ini. Hal tersebut disampaikan Direktur Divisi Konstruksi Pemerintah Korea, Lee Sang Heon saat bertemu dengaan Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di Kantor Walikota Denpasar, Jumat (14/6). Nampak hadir Direktur Utama PDAM Kota Denpasar Ida Bagus Gede Arsana, Kepala DLHK Kota Denpasar I Ketut Wisada, dan jajaran OPD terkait.

Dalam kesempatan tersebut, disampaikan bahwa Smart Water Management System adalah sistem yang diciptakan untuk mengatur semua pendistribusian air secara otomatis dengan memanfaatkan software/hardware dan internet. Sistem ini nantinya akan menyimpan data untuk memudahkan pemerintah dalam menganalisis atau mengelola data sebagai bagian dari tindakan penanggulangan bencana seperti kebanjiran atau kekeringan.

Kedepannya, program Smart Water Management System bisa diterapkan di Kota Denpasar seperti di Korea yang bertujuan memberikan pelayanan  yang maksimal kepada masyarakat. Dikatakannya,  pihaknya masih menunggu kebijakan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia untuk dapat melaksanakan pilot project ini, yang rencananya dilaksanakan tahun 2020-2022
Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra menyambut baik kedatangan Divisi Kontruksi Pemerintah Korea Lee Sang Heon dan program yang ditawarkan dari Pemerintah Korea. Rai Mantra mengatakan, kerjasama seperti ini sangat baik dilakukan terlebih untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. “Memang banyak tantangan tentang sistem air kedepannya. Jadi, terobosan semacam ini sangat baik dilakukan,” ungkapnya.
Lebih lanjut, pihaknya sangat mendukung program ini dan berharap selanjutnya bisa dilancarkan sampai manfaatnya bisa dirasakan masyarakat.
Sementara itu, Direktur PDAM Kota Denpasar Ida Bagus Gede Arsana mengatakan, akan terus mengawal pelaksanaan program ini. “Sejak penyusunan master plan smart water ini, selalu kami dampingi dengan maksimal. Semoga prosesnya juga dilancarkan dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” ungkapnya. (akd)

(bx/rin/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia