Minggu, 15 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Dengan TTE, Penyelesaian KK dan Akta Kelahiran di Bangli Lebih Cepat

16 Juni 2019, 17: 12: 05 WIB | editor : I Putu Suyatra

Dengan TTE, Penyelesaian KK dan Akta Kelahiran di Bangli Lebih Cepat

Ilustrasi (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, BANGLI - Masyarakat Bangli tidak perlu lagi menunggu berjam-jam atau berhari-hari ketika mengurus kartu keluarga (KK) maupun akta kelahiran. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bangli sudah menerapkan sistem Tanda Tangan Elektronik (TTE). 

Dengan sistem tersebut, pengesahan terhadap berkas pemohon dokumen dapat dilakukan dengan cepat. Pejabat dinas tidak perlu lagi menandatangani dokumen secara langsung, melainkan tanda tangan dikonversi ke dalam bentuk barcode.

"Ini sudah berlaku 29 Mei 2019. Dengan sistem ini, pejabat boleh mengesahkannya lewat jarak jauh. Ini upaya memberikan pelayanan cepat, sekalipun pejabat berwenang sedang ada urusan di luar kantor atau luar daerah," terang Kepala Disdukcapil Bangli I Nyoman Sumantra, Minggu (16/6).

Sistem ini, kata Sumantra, bahkan memudahkan kerja para staf di Disdukcapil, ketika libur Lebaran, beberapa waktu lalu. "Masyarakat masih bisa mendapatkan KK atau akta kelahiran. Sekalipun saya tidak ada di kantor saat cuti Lebaran kemarin. Saya bisa TTE, asal koneksi internet bagus," kata birokrat asal Desa Siakin, Kintamani.

Program itu dicetuskan Kementerian Dalam Negeri RI, Direktorat Jenderal Dukcapil. Ada dua daerah di Bali yang sudah menerapkan sistem TTE. Yakni Bangli dan Denpasar. Meski begitu, program ini baru mencangkup kepengurusan KK dan akta kelahiran. 

Kata Sumantra, program ini turut membantu upaya antisipasi pemerintah Bangli terhadap membludaknya pemohon dokumen untuk keperluan pendaftaran sekolah baru. Beberapa aturan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019, ini masih tetap menyertakan pencantuman berkas KK untuk bahan verifikasi. "Kebanyakan adalah masyarakat yang memperbarui KK," pungkasnya.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia