Kamis, 18 Jul 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Urip: Adi Wiryatama Punya Hampir Semua Persyaratan Jadi Ketua DPRD

17 Juni 2019, 20: 18: 38 WIB | editor : I Putu Suyatra

Urip: Adi Wiryatama Punya Hampir Semua Persyaratan Jadi Ketua DPRD

BALI EXPRESS, DENPASAR - Posisi Ketua DPRD Bali periode 2019-2024 masih menjadi tanda tanya. PDIP selaku partai dengan perolehan suara terbanyak dan berpeluang menempatkan kadernya pada posisi itu masih ogah disinggung soal tersebut.

Selama ini, pengurus DPD PDIP Bali masih beralasan masih fokus pada upaya mengamankan perolehan suara hasil pilpres dan pileg pada 17 April 2019 lalu. Selain itu, urusan pengisian posisi pimpinan legislatif juga menjadi kewenangan DPP PDIP.

Kendati demikian, sejumlah nama sudah mengorbit. Ada Nyoman Adi Wiryatama yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPRD Bali periode 2014-2019 yang juga Sekretaris Dewan Pertimbangan Daerah (Deperda) PDIP Bali.

Lalu ada Putu Mangku Mertayasa yang duduk di struktur pengurus partai sebagai Bendahara DPD PDIP Bali. Serta Kadek Diana yang saat ini menempati posisi Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali periode 2014-2019 sekaligus peroleh suara terbanyak kedua pada Pileg 2019 dari Dapil Gianyar.

Terkait pengisian posisi pimpinan legislatif tersebut, PDIP rencananya akan membahasnya dalam Rakernas yang akan digelar Rabu (19/6), di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta.

Namun Ketua DPP PDIP yang juga Korwil Bali DPP PDIP Made Urip menegaskan, sampai sejauh ini belum ada nama yang ditunjuk untuk mengisi posisi Ketua DPRD Bali.

"Belum-belum. Nanti kan dibicarakan syarat-syaratnya di rakernas. Siapa yang pantas," ujar Made Urip saat dikonfirmasi pada Senin kemarin (17/6).

Bila berkaca pada pengalaman dan tradisi yang sudah berlaku di internal PDIP, dia menyebutkan ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi. Mulai dari senioritas, jabatan pada struktur partai, kinerja, bahkan pengalaman. Sementara untuk perolehan suara terbanyak tidak serta merta menjadi patokan.

"Kalau di provinsi, kalau Ketua DPD-nya mencalonkan diri, jelas dia mendapatkan prioritas. Kalau di Bali kan Pak Koster sudah Gubernur. Pak Jayanegara sebagai Sekretaris kan sudah Wakil Wali Kota. Dan juga pengurus yang lain punya kesempatan, seperti bendahara," terangnya.

Disinggung kemungkinan Adi Wiryatama menjabat lagi, Urip mengatakan itu tidak menutup kemungkinan. Sebab, menurutnya, Adi Wiryatama memiliki hampir semua persyaratan yang ditetapkan partai.

"Ya. Saya rasa dia (Adi Wiryatama) punya kans yang cukup besar untuk bisa lagi menduduki kursi Ketua DPRD Bali. Dia punya pengalaman. Senior di partai. Kan begitu," imbuh Urip yang juga anggota DPR RI ini.

Menanggapi kans besar itu, Adi Wiryatama yang diwawancara terpisah menjawab diplomatis. Dia mengaku siap ditugaskan di mana saja.

“Kalau saya dipercaya pimpinan, selaku prajurit, saya wajib melaksanakan dengan baik. Kalau tidak, ya tidak apa-apa. Karena prajurit sudah diajarkan ideologi dari kecil. Ikhlas mengambil pekerjaan. Baik di depan maupun di belakang. Di mana saja, sama,” jawabnya.

(bx/hai/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia