Rabu, 24 Jul 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Dewan Desak agar Pasar Loka Crana Segera Ditempati

18 Juni 2019, 20: 51: 49 WIB | editor : Nyoman Suarna

Dewan Desak agar Pasar Loka Crana Segera Ditempati

KONSOLIDASI: Suasana rapat kerja DPRD Bangli bersama Disperindag Kabupaten Bangli, di gedung DPRD Bangli, Selasa (18/6). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, BANGLI - Pembangunan pasar sekaligus Terminal Loka Crana sudah lama selesai. Kini para pedagang di Pasar Kidul tinggal menunggu dipindahkan. Sesuai data terkini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli, total ada 146 pedagang yang bakal menempati Loka Crana.

Mereka terdiri atas 96 orang pedagang kain lantai II Pasar Kidul dan 16 pedagang dari pasar eks LP Bangli. Sisanya, sebanyak 34 orang adalah pendaftar atau pedagang baru.

Meski demikian, pemindahan pedagang tak kunjung dilakukan. Hal itu memantik reaksi anggota DPRD Bangli dan akhirnya menggelar rapat kerja di Gedung DPRD Bangli, Selasa (18/6). Dewan mendesak Disperindag Bangli segera memindahkan pedagang di lantai II Pasar Kidul ke Pasar Loka Crana, Bangli. Sebab, banyak masyarakat mempertanyakan terkait lamanya pasar itu tak beroperasi.

Disperindag berdalih, lambannya persoalan pemindahan pedagang karena beberapa pedagang enggan pindah. Disperindag sudah melakukan pendekatan. Rencananya pemindahan baru bisa dilakukan Juli 2019 secara bertahap, antara tanggal 6,11, dan 16 Juli.

Anggota dewan fraksi PDIP, Satria Yudha, tetap mendorong Disperindag agar lebih tegas. "Kalau ada yang masih membandel, Disperindag bisa meminta bantuan Satpol PP untuk membantu. Memang untuk membuat perubahan ke arah lebih baik banyak tantangan, jadi Disperindag tidak perlu takut,” tegas dewan asal Susut, Bangli.

Ia mengatakan, sejatinya pemerintah pusat dan kabupaten telah memfasiltasi kebutuhan tempat bagi pedagang lewat anggaran pembangunan Loka Crana. Dengan begitu, tentu pemanfaatannya harus segera. “Jangan masalah duwase (hari baik) dijadikan alasan pembenar," ketusnya.

Kepala Disperindag Bangli I Nengah Sudibia meyakini, pembukaan pasar bisa tepat waktu. Sebab beberapa pedagang yang enggan pindah, kini sudah mau dipindahkan. "Untuk penentuan tanggal 6 sampai 16 itu, memang sesuai petunjuk pedanda. Ada hari baik untuk pemindahan pedagang," katanya ketika dikonfirmasi secara terpisah.

Sudibia menjelaskan, setelah pedagang lantai II Pasar Kidul pindah ke Loka Crana, maka ruang tersebut bakal ditempati pedagang yang selama ini mangkal di trotoar dan selasar. Sedangkan selasar atau lantai dasar Pasar Kidul akan dikembalikan menjadi parkir. "Ya akan selektif nantinya. Kami akan beri ruang khusus. Misalnya, untuk pedagang buah, akan jadi satu. Begitu juga yang lain," pungkas Sudibia.

(bx/afi/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia