Kamis, 18 Jul 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Jelang Pilkada, ASN Tabanan Diimbau Tak Berpolitik Praktis

18 Juni 2019, 23: 16: 16 WIB | editor : Nyoman Suarna

Jelang Pilkada, ASN Tabanan Diimbau Tak Berpolitik Praktis

Sekda Tabanan I Gede Susila. (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, TABANAN - Tabanan sebentar lagi akan menghadapi hajatan politik, tepatnya pemilihan bupati dan wakil bupati Tabanan. Kendati belum ada calon bupati dan wakil bupati yang pasti, situasi mulai rawan, terlebih bagi ASN yang dilarang untuk berpolitik.

Fakta di lapangan, tak sedikit ASN ikut menanggapi postingan di media sosial yang berhubungan dengan bursa calon bupati dan wakil bupati. Ini menunjukkan keberpihakan ASN, meskipun hanya memberikan komentar. 

Terkait hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tabanan I Gede Susila mengatakan, sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 42 Tahun 2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil ditegaskan bahwa PNS/ASN dilarang melakukan perbuatan yang mengarah pada keberpihakan salah satu calon atau perbuatan yang mengindikasikan terlibat dalam politik praktis/berafiliasi dengan partai politik. "Di sana sudah ditegaskan bahwa ASN harus netral. Jadi harus dipedomani," tegasnya Selasa (18/6).

Maka dari itu, ia  mengimbau ASN di Pemkab Tabanan untuk menaati regulasi yang ada agar tidak salah langkah, termasuk tidak ikut mengomentari postingan tentang politik di media sosial seperti Facebook. " ASN harus memahami betul rambu-rambu yang ada. Di samping itu, perlu ditegaskan kembali tentang isi aturan yang mengaturnya," sambungnya.

Apabila ada ASN yang terbukti melakukan politik praktis, maka akan dikenakan sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku. "Sanksinya berupa penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun, penundaan kenaikan pangkat penurunan pangkat, pemindahan, pembebasan jabatan, hingga pemberhentian dengan tidak hormat," tandasnya

(bx/ras/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia