Kamis, 18 Jul 2019
baliexpress
icon featured
Balinese

Ada Keris Dililit Ular Milik Ida Lingsir Tirta Geroh

19 Juni 2019, 08: 28: 13 WIB | editor : I Putu Suyatra

Ada Keris Dililit Ular Milik Ida Lingsir Tirta Geroh

ADA KERIS: Di dalam goa Tirta Geroh diyakini terdapat keris dililit ular milik Ida Lingsir Tirta Geroh. (AGUS EKA PURNA NEGARA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, BANGLI - Pancuran Tirta Geroh yang berada di perbatasan Bangli dan Gianyar, punya banyak cerita mistis. Sosok penampakan pendeta dengan pakaian serba putih kerap melintas di area malukat Desa Selat, Kecamatan Susut, Bangli itu.

Mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi negeri di Bali, pernah dibuat ketakutan karena merasa ada yang aneh dari tempat itu. "Saya juga kurang tahu persis alasannya,  Apakah mereka melihat sesuatu atau tidak. Padahal, mereka niatnya mandi di pancuran. Tiba-tiba dia nelepon saya, bilang bahwa mereka tidak jadi mandi. Mereka memilih di sungai," tutur salah seorang warga, Komang Ariasa, 38.

Ariasa juga menceritakan, pernah tiba tiba ada banyak  ikan emas besar yang muncul di sekitar sungai.  Namun datangnya tak pernah pasti. Ikan akan muncul bila ada   yang meremehkan maupun  enggan percaya tentang eksistensi dimensi lain Tirta Geroh. "Yang jelas jangan berniat buruk atau menantang. Pernah ada yang berniat jahat, tiba-tiba didatangi banyak ular," sambung Ariasa kepada Bali Express ( Jawa Pos Group), akhir pekan kemarin.

Jero Mangku Wayan Suarta, mengakui bahwa  Tirta Geroh dihuni oleh berbagai makhluk tak kasat mata. Yang paling banyak muncul adalah sosok pedanda (pendeta) lengkap dengan pakaian dan pernak-perniknya. Suara genta kerap kali muncul menjelang sore. "Di sini yang berstana adalah Ida Lingsir. Tapi beliau tidak berkenan disebut-sebut," ungkap Jero Mangku Suarta sembari memohon ampun.


Para tokoh desa juga sempat melihat ada keris dililit ular ditempatkan dalam goa. Keris itu dipercaya milik Ida Lingsir Tirta Geroh. Keris tersebut hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang memiliki keistimewaan. "Ya karena keris itu tidak kelihatan," kata dia.


Jika hendak menuju Tirta Geroh, Anda dapat menempuhnya dari Desa Bitera, Gianyar ke utara menuju jalur Kintamani hingga tiba di Desa Selat, Kecamatan Susut, Bangli. Lokasinya berada di bantaran Sungai Campuhan, yakni perbatasan antara Bangli dan Kecamatan Tampaksiring, Gianyar. Namun, untuk menuju ke lokasi, akses masuk memang dari Pura Dalem Pingit Banjar Selat Tengah, Desa Selat. Terdapat sekitar 100 lebih anak tangga hingga ke lokasi.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia