Rabu, 24 Jul 2019
baliexpress
icon featured
Bali
Pesta Kesenian Bali 2019

Sekaa Barong Tirta Udiyana Sari Raih Dua Gelar di Arena PKB 2019

19 Juni 2019, 18: 55: 08 WIB | editor : I Putu Suyatra

Sekaa Barong Tirta Udiyana Sari Raih Dua Gelar di Arena PKB 2019

JUARA: Penampilan Sekaa Barong Tirta Udiyana Sari, Banjar Taman Sari Sanur sebagai Duta Kota Denpasar pada komba Bapang Barong dan Mekendang Tunggal pada PKB XLI Tahun 2019. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR - Duta seni Sekaa Barong Tirta Udiyana Sari, Banjar Taman Sari Sanur meraih dua gelar juara pada lomba Bapang Barong dan Mekendang Tunggal pada arena Pesta Kesenian Bali (PKB) 2019. Sekaa duta Kota Denpasar tampil bersama dengan empat duta lainnya. Duta tersebut antara lain dari duta Kabupaten Bangli, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Badung, dan Kabupaten Klungkung.

Pada lomba mekendang tunggal, duta Denpasar meraih Juara I. Sedangkah Lomba Bapang Barong, mereka maraih juara kedua. Penampilan tersebut berlangsung di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Art Center Denpasar pada Selasa (18/6) malam.

Koordinator Sekaa Barong Tirta Udiyana Sari, Banjar Taman Sari Sanur, IB Sulendra menjelaskan bahwa sajian pementasan Bapang Barong dan Mekendang Tunggal ini dikemas apik dengan mengedepankan pakem-pakem pementasan barong. Keberadaan Tari Barong merupakan kesenian tradisi Bali yang sakral dan juga profan. Namun demikian, kesenian ini memiliki pakem tersendiri sehingga menjadi acuan dalam pelaksanaan lomba.

“Kami tetap mempertahankan pakem-pakem bebarongan khas sanur. Ini yang kami tampilkan dengan tetap memperhatian juknis dan juklak yang telah dikeluarkan Tim Provinsi Bali,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap dapat menjadi salah satu bagian pelestarian kesenian barong ini. Mengingat saat ini, kesenian barong mulai banyak diminati. Hal ini terbukti dengan banyaknya komunitas seni barong yang btumbuh dan berkembang.“Saat ini seni Tari Barong kian diminati, banyak komunitas Barong tumbuh, dan perlombaan Barong pun kian banyak kita jumpai bersama,” ungkapnya.

Pihaknya mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung. Hal ini tak lepas dari usaha para seniman yang terlibat sehingga mampu menjadi yang terbaik. “Iya kami sangat bersyukur, dan semoga kedepanya dapat terus ditingkatkan sebagai upaya mendukung kemajuan seni dan budaya Bali,” pungkasnya. (akd)

(bx/wid/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia