Kamis, 18 Jul 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Golkar Bali Dukung Airlangga Hartarto Jadi Ketum

19 Juni 2019, 20: 20: 46 WIB | editor : I Putu Suyatra

Golkar Bali Dukung Airlangga Hartarto Jadi Ketum

pengurus lainnya saat menyampaikan dukungan kepada Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum DPP Golkar Periode 2019-2024, Rabu (19/6). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR - Pengurus DPD I Golkar Bali, Rabu (19/6), mengeluarkan sikap politik terkait kepengurusan di pusat. Khususnya menyangkut posisi ketua umum partai berlambang beringin. Intinya, Golkar Bali mendukung Airlangga Hartarto duduk sebagai Ketua Umum DPP Golkar periode 2019-2024.

Selain itu, pengurus Golkar Bali di bawah Plt Ketua DPD I Golkar Bali, Gde Sumarjaya Linggih, mengharapkan pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) berjalan sesuai dengan jadwal. Minimal sampai akhir 2019, sesuai masa berakhirnya kepengurusan. Tidak perlu dipercepat seperti desakan beberapa DPD Provinsi di Indonesia.

Sikap politik tersebut disampaikan Gde Sumarjaya Linggih yang akrab disapa Demer, kemarin,  usai rapat pleno di Sekretariat DPD Golkar Bali. Menurutnya, ada beberapa alasan yang membuat jajarannya mendukung, memilih, dan memenangkan Menteri Perindustrian dan Perdagangan tersebut untuk memimpin Golkar sampai dengan 2024 mendatang.

Salah satunya, Airlangga Hartarto dinilai mampu melakukan konsolidasi dan menjaga soliditas kader partai. Sehingga Golkar mampu bertahan di tengah goncangan yang dihadapi. Dan itu tercermin dari hasil pemilihan legislatif baru-baru ini yang menempatkan Golkar sebagai partai dengan perolehan suara terbanyak kedua secara nasional.

“Kendati kepemimpinan Beliau (Airlangga) relatif singkat. Dipilih dan ditetapkan dalam Munaslub pada 19 sampai dengan 21 Desember 2017. Namun Beliau kami anggap punya prestasi. Figurnya sangat kuat, berpendidikan, mengelola partai dengan prestasi, soliditas dan sinergitasnya sangat teruji,” jelas Demer yang didampingi Sekretaris DPD Golkar Bali Nyoman Sugawa Korry, Dewa Made Nida, Nyoman Warsa T Buana, dan Humas Komang Suarsana.

Bahkan, sambung dia, bersama dengan partai-partai lainnya yang tergabung dalam koalisi, berhasil memenangkan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024.

Diakuinya, sejak reformasi, baru kali ini Golkar memiliki presiden yang terpilih. "Golkar menjadi nomor urut dua dalam perolehan DPR RI dan Jokowi terpilih jadi presiden," imbuhnya.

Untuk mengukuhkan sikap politik tersebut, khususnya dukungan kepada Airlangga Hartarto, pihaknya sudah membuat pernyataan dukungan secara resmi. Sesuai hasil keputusan rapat pleno diperluas dengan DPD Golkar kabupaten/kota se-Bali.  Lengkap dengan berita acaranya tertanggal 19 Juni 2019 kemarin.

Dalam pernyataan tersebut diuraikan juga beberapa poin yang menjadi pertimbangan Golkar Bali mendukung Airlangga Hartarto untuk memimpin Golkar untuk periode 2019-2024.

Pertama, Airlangga Hartarto dinilai telah berhasil dan sukses melaksanakan konsolidasi dan membangun soliditas seluruh kader Golkar di Indonesia. Kemudian kedua, dia dinilai sebagai figur yang berprestasi, berdedikasi, loyal terhadap kebijakan partai, dan tidak tercela dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Ketiga, Airlangga bersama seluruh jajaran Golkar sukses mengantarkan Partai Golkar menduduki ranking kedua dalam perolehan kursi legislatif di tingkat nasional.

Selanjutnya keempat, Airlangga dan seluruh jajaran kader bersama partai koalisi juga sukses mengantarkan pasangan Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih dalam pemilihan 17 April 2019 lalu.

Dan terakhir, Airlangga dinilai sudah teruji dan terbukti berhasil menjalankan tugas-tugas yang diamanatkan partai.

Dengan alasan-alasan tersebut, pihaknya berharap Golkar tetap dalam suasana kondusif. Khususnya menjelang pelaksanaan Munas. Dan pihaknya juga berharap Munas berlangsung sesuai dengan jadwal. Tidak perlu ada desakan untuk mempercepatnya. "Munas tetap sesuai jadwal. Desember 2019," tukas Demer.

(bx/hai/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia