Kamis, 18 Jul 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Satpol PP Gianyar Tertibkan Perumahan tanpa IMB

25 Juni 2019, 16: 49: 43 WIB | editor : I Putu Suyatra

Satpol PP Gianyar Tertibkan Perumahan tanpa IMB

SIDAK: Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Gianyar tengah melakukan sidak di perumahan tanpa IMB daerah Pering, Blahbatuh, Selasa (25/6). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, GIANYAR - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Gianyar gencar menertibkan perumahan tanpa IMB. Hal itu dibuktikan dengan dilakukannya inspeksi mendadak (Sidak) di salah satu perumahaan Desa Pering, Blahbatuh, Gianyar, Selasa (25/6).

Kasatpol PP dan Damkar Gianyar, Made Watha menjelaskan masih banyak perumahan yang tanpa dilengkapi IMB. “Secara prinsip pengembang sudah memiliki izin lokasi. Tetapi persyaratan lain seperti IMB baru dilengkapi sebagian dan masih banyak rumah milik pengembang yang belum ada IMB,” ungkapnya.

Ia mengatakan kondisi tersebut termasuk merugikan keuangan daerah. Khususnya dari pemasukan izin melalui Kantor Dinas Perizinan. Disampaikan juga agar kasus yang pernah ada di Batubulan terulang kembali. Dimana pengembang membangun dan tanpa mengedepankan faktor keamanan, sehingga rumah longsor atau bencana lainnya.

Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan Perumahan Dewi Uma, Batubulan, sebanyak 15 unit rumah yang dibangun tanpa adanya IMB. Begitu juga dengan Perumahan Pering River View sebanyak 51 unit. Namun baru dimohonkan sebanyak 36 unit, sedangkan 15 unitnya belum mengajukan IMB. Sehingga ia menegaskan agar pengembang mengurus IMB tersebut.

“Ini saya dapat laporan dari Perbekel Pering langsung.  Saya lebih percaya laporan perbekel dibanding pengakuan pengembang sebelum menunjukkan IMB lengkap,” jelasnya.

Watha menambahkan semua pengembang diharapkan tertib administrasi. Sedangkan kepada pengembang baru diberikan pembinaan, untuk segera mengurus administrasi utamanya IMB. “Ketika langkah pembinaan diabaikan, maka nanti menyusul SP 1, dan selanjutnya sampai SP 3, sehingga usahanya bisa ditutup,” tegasnya.

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia