Rabu, 13 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Selain Koster, Ada Nama Giri Prasta dalam Bursa Ketua DPD PDIP Bali

25 Juni 2019, 20: 45: 17 WIB | editor : I Putu Suyatra

Selain Koster, Ada Nama Giri Prasta dalam Bursa Ketua DPD PDIP Bali

Wayan Koster dan Nyoman Giri Prasta (DOK. BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR - Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) belum lama ini menggelar rapat kerja nasional di Jakarta. Beberapa poin penting diambil dalam rakernas keempat tersebut. Salah satunya pelaksanaan Kongres Kelima yang akan dipercepat dan diselenggarakan tahun ini. Bahkan tanggalnya sudah ditetapkan pada 8 Agustus 2019 mendatang.

Tidak hanya itu, hasil rakernas ini juga mengulas soal kepemimpinan partai di tingkat daerah sampai dengan cabang. Bahkan poin tersebut akan ditindaklanjuti DPD PDIP Bali dengan menggelar rapat yang dijadwalkan berlangsung, Rabu (26/6).

Agenda tersebut sesuai dengan surat DPD PDIP Bali yang beredar di internal kader PDIP. Dalam surat itu, semua pengurus dan kader partai diwajibkan hadir untuk membahas tindak lanjut hasil rakernas pertengahan minggu lalu. Serta membahas soal usulan pergantian Ketua DPD PDIP Bali.

Masih dalam surat tersebut, poin pertamanya menyangkut soal pengusulan nama bakal calon Ketua DPD dan Ketua DPC melalui rapat DPC yang diperluas dengan mengikutsertakan ketua, sekretaris, dan bendahara PAC. Jadwalnya serentak. Pada 28 Juni 2019 mendatang.

Kemudian kedua. Pembahasan pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) dan Konferensi Daerah (Konferda) dilaksanakan secara berurutan dan simultan pada 4 Juli 2019 mendatang.

Ketiga, pembentukan Panitia Pelaksana Kongres V PDIP seperti diatur dalam Surat Keputusan DPP PDI Perjuangan Nomor : 450/KPTS/DPP/VI/2019 tentang Pelaksana Kangres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang akan dilaksanakan pada 8 - 11 Agustus 2019.

Terkait surat tersebut, Ketua DPC PDIP Denpasar, Ngurah Gede membenarkan adanya pertemuan yang digelar sebagai tindak lanjut hasil rakernas tersebut. Kendati begitu Ngurah Gede saat dikonfirmasi Selasa kemarin (25/6) mengaku belum mengetahui dengan pasti seperti apa mekanisme pemilihan Ketua DPD PDIP Bali nanti.

Sebab, sambung politisi yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Denpasar itu, pembahasan baru akan dilaksanakan lewat rapat diperluas dengan melibatkan pengurus PAC.

"Kita dengar dulu aspirasi dari akar rumput. Mengenai siapa nama calon Ketua DPD PDIP Bali baru akan muncul nanti dalam rapat. Denpasar sendiri belum ada muncul nama dan kita akan dengar dulu mekanisme pemilihannya," pungkas politisi dari Kesiman tersebut.

Di saat yang sama, sejumlah nama kandidat Ketua DPD PDIP Bali sudah mulai beredar. Selain Wayan Koster yang sekarang menjadi ketua DPD PDIP Bali, ada Nyoman Giri Prasta yang kini sebagai Bupati Badung. Kemudian Nyoman Adi Wiryatama yang dulu sempat menjadi Sekretaris DPD dan saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Bali. Lalu, Putu Agus Suradnyana yang sekarang ini menjadi Bupati Buleleng.

Sementara itu, menyangkut pelaksanaan Kongres V pada Agustus 2019 mendatang, Ketua DPD PDIP Bali, Wayan Koster, menyebutkan bahwa persiapan sudah mulai dilakukan. Tim pun sudah mulai dibentuk.

Hal tersebut dikatakan Koster yang juga Gubernur Bali itu usai memimpin rapat koordinasi dan sinkronisasi Program dan Kebijakan Prioritas Pemprov Bali dan Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Bali di Gedung Wiswa Sabha. “Tim sudah dibentuk,” jawabnya singkat.

(bx/hai/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia