Selasa, 19 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Serangkaian Hari Bumi, Yayasan Jimbaran Hijau Gelar Jimbafest 2019

25 Juni 2019, 22: 34: 22 WIB | editor : Nyoman Suarna

Serangkaian Hari Bumi, Yayasan Jimbaran Hijau Gelar Jimbafest 2019

PUNGUT SAMPAH: Peserta Jimbafest 2019 yang digelar Yayasan Jimbaran Hijau saat melakukan aksi bersih sampah plastik. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, JIMBARAN -  Yayasan Jimbaran Hijau kembali mengadakan peringatan Hari Bumi dengan menyelenggarakan Jimbafest yang mengangkat tema Menuju Bali Bebas Sampah Plastik. Nilai dari tema yang diangkat yaitu mengajak masyarakat dari segala kalangan untuk lebih sadar dengan bumi dan lingkungan sekitar.

Ketua  Panitia Jimbafest I Wayan Sukamta mengatakan, kegiatan ini melibatkan seluruh kalangan masyarakat, terutama para pelaku bisnis dan startup, untuk berinovasi mendesain solusi dan melakukan aksi nyata untuk menumbuhkan sikap cinta lingkungan.

“Pada Jimbafest 2019 ini, ada dua kegiatan yang dilaksanakan. Yaitu Green Startup telah sukses dilaksanakan pada 15 Juni 2019. Telah terpilih dua startup yang tersaring, untuk kemudian berpartisipasi di ajang Innofest Unboud 2019 di Singapura. Para startup yang terpilih adalah Refill My Bottle dan Sampah Muda,” jelasnya.

Kegiatan kedua, lanjut Sukamta, Call to Action: Road Clean Up, juga telah terlaksana dengan sangat baik pada hari Jumat, 21 Juni 2019. Banyaknya sampah plastik di sepanjang Jalan Karangmas Jimbaran ini menjadi salah satu alasan mengapa kegiatan ini digagas.

 “Kami melihat bahwa inisiatif dan semangat untuk menghadirkan solusi bagi masalah ini perlu dibangun. Karena selama ini belum terlihat adanya kesadaran dan aksi nyata yang memberi dampak signifikan,” jelasnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak semua kalangan terlibat menjaga kebersihan, khususnya warga dan pelaku bisnis yang beroperasi di Jalan Karangmas Jimbaran.

Kegiatan Call to Action: Road Clean Up ini tentu atas adanya dukungan Camat Kuta Selatan I Made Widiana, Lurah Jimbaran I Ketut Rimbawan, Jero Bandesa Adat Jimbaran I Made Budiarta, Ketua Yayasan Jimbaran Hijau Deddy Kurniawan Halim, Direktur Utama PT Jimbaran Hijau Putu Agung Prianta dan pihak lainnya.

Selain partisipasi para pemangku kepentingan, seperti Samasta Lifestyle Village, Green Hill, Damara Village Jimbaran Hijau, The Leaf Jimbaran, Puri Bhagawan, Royal Tulip Springhill Resort Jimbaran, Gending Kedis Luxury Villas and Spa Estate, The Sintesa Jimbaran dan PT Jimbaran Hijau.

Kegiatan yang bertempat di Jimbaran Hub ini juga diramaikan adanya partisipasi dari Politeknik Internasional Bali (PIB) Tabanan sebagai salah satu bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat Program Pendidikan Pengelolaan Konvensi & Peristiwa.

Yayasan Jimbaran hijau berkomitmen untuk melakukan perhelatan Hari Bumi sejak tahun 2014. Pada tahun 2014 dilakukan dengan kegiatan menanam pohon bersama di area Jimbaran, dengan mengajak kurang lebih 1.200 siswa-siswi dari 12 SD (sekolah dasar) yang ada di Jimbaran, TNI dan berbagai institusi lainnya.

Pada tahun 2015, kegiatan yang dilakukan merupakan penanaman pohon di 12 SD dan SMP yang ada di lingkungan Jimbaran, dan Lomba Melukis untuk tingkat SD dengan tema “Mimpiku untuk Jimbaran” pada Hari Bumi 2015.

Yayasan Jimbaran Hijau dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup, potensi ekonomi dan sosial, termasuk peningkatan mutu pendidikan, seni dan budaya masyarakat di wilayah Jimbaran khususnya, dan di Bali pada umumnya.

Komitmen Yayasan Jimbaran Hijau untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan Corporate Social Responsibilities (CSR). “Semoga timbul kesadaran untuk menjaga lingkungan, dan kegiatan semacam ini terus bisa kami laksanakan,” pungkas Sukamta.

(bx/art/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia