Jumat, 06 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bisnis

Belum Semua Pelabuhan di Nusa Penida Ditunggui Petugas Tiket

30 Juni 2019, 17: 35: 21 WIB | editor : I Putu Suyatra

Belum Semua Pelabuhan di Nusa Penida Ditunggui Petugas Tiket

BAHAS NUSA PENIDA: Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memanggil intansi terkait soal retribusi wisman ke Nusa Penida. (HUMAS PEMKAB KLUNGKUNG FOR BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, SEMARAPURA - Terhitung mulai Senin (1/7), wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Nusa Penida dikenakan retribusi. Teknisnya, wisman dipungut retribusi saat turun di pelabuhan Nusa Penida. Hanya saja, Pemkab Klungkung belum menempatkan petugas pungut di semua pelabuhan yang ada di sana.  

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung I Nengah Sukasta mengungkapkan, hampir sepanjang pantai di Nusa Penida menjadi tempat sandar speed boat yang mengakut wisman. Namun pihaknya baru bisa menempatkan petugas pungut retribusi di empat pelabuhan. Yakni di Pelabuhan Banjar Nyuh I dan Banjar Nyuh I wilayah Pulau Nusa Gede, serta dua pelabuhan di Pulau Lembongan. Yaitu Pelabuhan Tanjung Sanghyang dan pelabuhan yang dekat dengan Balai Desa Jungutbatu. “Kalau bicara pelabuhan di Nusa Penida, sepanjang pantai ada pelabuhan. Petugas tiket baru di empat saja,” jelas Sukasta, Minggu (30/6).

Pihaknya tak merinci alasan baru menempatkan petugas tiket di empat pelabuhan itu. Ia sebatas menyebut bahwa empat pelabuhan itu tergolong paling ramai wisman. “Pokoknya fokus dulu di empat lokasi itu,” tegas mantan Kepala Dinas Perhubungan Klungkung itu.

Lanjut pejabat asal Lingkungan Kemoning, Kelurahan Semarapura Klod itu,  penempatan petugas pungut akan dievaluasi paling lambat bulan depan. Tidak menutup kemungkinan akan ditempatkan petugas di pelabuhan lainnya. “Pasti nanti kami akan evaluasi,” tegasnya lagi.

Seperti diketahui, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2018 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga, wisman dewasa bayar Rp 25 ribu per orang. Sedangkan anak-anak Rp 15 ribu per orang. Dinas Pariwisata menempatkan tiga orang petugas pungut di masing-masing pelabuhan yang telah ditentukan. “Selain itu ada juga petugas dari Satpol PP, camat dan Dinas Perhubungan,” tandasnya.

Sementara itu, untuk memastikan kesiapan pungutan retribusi tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra memanggil dinas terkait, Minggu. Di antaranya Kepala Dinas Pariwisata Klungkung I Nengah Sukasta, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Dewa Putu Griawan, Kepada Kepala Dinas Perhubungan Klungkung I Nyoman Sucitra, Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran I Putu Suarta, dan Camat Nusa Penida I Komang Widiasa Putra. Mereka diminta bersinergi agar penerapan perda berjalan dengan baik. Suwirta mengingatkan Sukasta agar melatih cara melakukan pungutan retribusi.

(bx/wan/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia