Selasa, 15 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Sportainment

Pura Luhur Batu Panes akan Jadi Tempat Pengambilan Api Porprov 2019

01 Juli 2019, 18: 06: 13 WIB | editor : I Putu Suyatra

Pura Luhur Batu Panes akan Jadi Tempat Pengambilan Api Porprov 2019

RAPAT: Suasana rapat koordinasi pengambilan api Porprov Bali 2019 di Pura Luhur Batu Panes, Minggu (30/6). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, TABANAN– Pura Luhur Batu Panes, di Banjar Belulang, Desa Mangesta, Kecamatan Penebel Tabanan digadang-gadang akan menjadi tempat pengambilan api obor Porprov Bali XIV/2019 Tabanan. Rapat koordinasi terkait pengambilan api itupun sudah dilakukan panitia daerah bersama perangkat desa setempat pada Minggu (30/6).

“kami sudah melakukan koordinasi bersama pemangku, prajuru adat, panganceng pura dan pihak-pihak lainnya. Acara pengambilan rencananya dilakukan nanti pada tanggal 5 September,” ungkap Sekretaris KONI Tabanan, I Made Nurbawa saat dikonfirmasi Senin (1/7).

Nurbawa menambahkan, penentuan pengambilan api untuk obor Porprov Bali 2019 di pura tersebut adalah kajian dari 1,5 tahun yang lalu. Bahkan, awalnya sempat ingin dilakukan di Pura Luhur Batukaru.

“Meskipun secara visual tidak berarti api, namun filosofi panas dari Pura Luhur Batu Panes ini erat kaitannya dengan Porprov Bali. Api atau panas di sini berarti energi, sinar atau penggerak. Dan juga, lokasi Pura Luhur Batu Panes ini berada di titik simpul pura-pura yang ada di Bali,” paparnya.

Adapun prosesi pengambilannya nanti, menurutnya tidak sembarangan. Karena sama seperti Porprov sebelum-sebelumnya, ada upacara khusus yang dilakukan. Maka dari itu, pihaknya nanti melibatkan banyak instansi seperti Polsek Penebel, Koramil, Camat dan Perbekel. "Selain perangkat desa serta pemangku pura," pungkas Nurbawa.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia