Rabu, 21 Aug 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Hanya Ada Ketua, Rapat Pansus di DPRD Tabanan Batal

03 Juli 2019, 13: 50: 11 WIB | editor : I Putu Suyatra

Hanya Ada Ketua, Rapat Pansus di DPRD Tabanan Batal

MINIM DEWAN: Suasana raker Pansus III yang didominasi eksekutif, lantaran sepi kehadiran anggota dewan. (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, TABANAN - Suasana rapat kerja Pansus III DPRD Tabanan bersama OPD terkait guna membahas dua ranperda sepi. Bahkan pada rapat kerja itu, hanya dihadiri Ketua Pansus I Gusti Komang Wastana. Sedangkan delapan anggota pansus lainnya tidak hadir. Padahal ranperda yang disusun harus segera tuntas, mengingat pelantikan anggota dewan Tabanan yang baru dijadwalkan 5 Agustus 2019 mendatang. 

Apa yang terjadi di gedung dewan itu memang cukup memprihatinkan. Karena menimbulkan kesan anggota dewan malas, jelang berakhirnya masa jabatan dewan periode 2014-2019 tersebut. Padahal dari kalangan eksekutif, kemarin tampak hadir full tim. Seperti Asisten II Pemkab Tabanan Anak Agung Ngurah Tresna Dalem, Kabag Hukum I Gusti Ayu Putu Sumarpatni dan OPD yang terlibat.

Kondisi yang sama tidak hanya terjadi pada raker Pansus III.

Untuk rapat Badan Anggaran (Banggar) yang rencananya digelar dihari yang sama kemarin, juga terpaksa dibatalkan. Lantaran hanya dua anggota dewan yang hadir, yakni I Gusti Ngurah Mayun dan I Wayan Sudiana.

Terkait ketidakhadiran anggotanya itu, Ketua Pansus III Gusti Komang Wastana mengatakan, delapan anggotanya tidak menghadiri rapat kerja karena ada berbagai kesibukan. Mulai dari alasan sedang rahina Tilem, hingga ada tidak hadir dikarenakan tidak lolos lagi ke DPRD Tabanan. “Kemungkinan juga ada melakukan persiapan politik untuk menyambut Rakerda dan lain-lain,” paparnya.

Ditambahkannya, persiapan rapat ini sudah dijadwalkan dan waktu cukup terbatas. Mengingat di bulan Agustus mendatang, dewan baru periode 2019-2024 sudah dilantik. “Jadi rapat dijadwalkan hari ini (kemarin, red) agar segera bisa diparipurnakan,” tegas politisi PDIP tersebut.

Adapun anggota Pansus III ini berasal dari seluruh partai. Mulai Fraksi PDIP, Golkar dan Nasdem. Diantaranya Wakil Ketua Pansus III I Putu Juliastrawan (Nasdem), Sekretaris Ida Ayu Ketut Candrawati (Nasdem), dan anggota I Made Suarta (PDIP), I Wayan Tamba (PDIP), I Made Ekadana (PDIP), I Made Edi Wirawan (PDIP) dan I Made Sutaya (Golkar). “Ya karena ada kesibukan saja,” tandasnya.

Sedangkan Ketua Fraksi PDIP I Nyoman ‘Komet’ Arnawa alias Komet mengatakan, ketidakhadiran anggotanya dalam rapat pansus tersebut karena kesibukan rahina Tilem. “Sekarang bertepatan dengan Hari Raya Tilem. Jadi kurang pas saja harinya. Tidak ada instruksi-instruksi apapun dari ketua fraksi,” ungkapnya.

Atas kondisi tersebut, dia pun meminta ke depan agar jadwal untuk rapat disesuaikan. Sehingga tidak berbenturan dengan hari raya atau rahina.

Sementara itu, Sekretaris Pansus III Ida Ayu Ketut Candrawati mengatakam, dirinya tidak bisa menghadiri rapat karena ada uleman di masyarakat. Mengingat bertepatan dengan rahina Tilem. “Jadwal rapat memang ada, tetapi karena ada uleman di masyarakat ya tidak bisa hadir. Karena kan kantor kami kan dua, di Sanggulan (Kantor DPRD) dan di masyarakat,” kilahnya.

Pengakuan berbeda disampaikan anggota Pansus III I Made Edi Wirawan. Dia mengaku tidak mengetahui ada jadwal rapat kerja Pansus III dengan pihak eksekutif. “Rasanya tidak ada ya, jadi tidak tahu ada rapat tadi,” ujarnya. 

Sedangkan mengenai rapat banggar yang batal, I Wayan Sudiana yang hadir mengaku tidak mengetahui secara pasti apa alasan rekannya tidak hadir saat rapat Banggar. “Ya tidak jadi rapat karena cuma dua anggota dewan yang hadir,” tegasnya.

Kata dia, jadwal rapat Banggar sudah ditentukan sebelumnya oleh Bamus (Badan Musyawarah) dewan sebulan sebelumnya. “Kecewa sih tidak, karena yang namanya tugas ya hadir terus. Katanya besok (hari ini, red) rapat Banggar dijadwalkan lagi,” pungkasnya.

Sayangnya hingga kemarin Ketua DPRD Tabanan I Ketut ‘Boping’ Suryadi belum dapat dikonfirmasi. Saat dihubungi, nomor handphone politisi PDIP ini tidak aktif. 

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia