Sabtu, 07 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bisnis

Twin Lake Festival 2019 Bukukan Transaksi Rp 209 Juta

07 Juli 2019, 16: 01: 03 WIB | editor : I Putu Suyatra

Twin Lake Festival 2019 Bukukan Transaksi Rp 209 Juta

SERAHKAN HADIAH: Asisten bidang Ekonomi, Pembangunan, Kesejahteraan Rakyat dan Layanan Pengadaan Setda Buleleng, Ni Made Rousmini yang mewakili Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana saat menyerahkan piagam dan hadiah lomba dalam event TLF. (I PUTU MARDIKA BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, SUKASADA - Perhelatan Twin Lake Festival (TLF) VI tahun 2019 telah resmi ditutup, Sabtu (6/7) siang di pelataran Danau Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada. Kegiatan yang penuh dengan misi konservasi danau dan pengembangan pertanian lokal ini sukses digelar di Danau Buyan dan Tamblingan sejak Rabu (3/7) hingga Sabtu (6/7).

Sebelum seremonial penutupan dimulai, panitia tetap mengagendakan sejmlah kegiatan seperti Trail Running, Restocking, dan lomba masak ikan nila. Dipilihnya Ikan Nila sebagai bahan baku ini agar pengembangan terhadap ikan air tawar tetap seragam.

Selain itu, juga sebagai upaya pengenalan komoditas ikan nila kepada masyarakat di Buleleng. “Kami ingin agar olahan ikan semakin beragam. Oleh karena itu, setiap tahun kami ganti jenis ikannya sebagai bahan baku,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Buleleng, Made Arnika.

Lomba memasak ikan nila ini diikuti oleh perwakilan masing-masing kecamatan yang berusaha untuk menghasilkan olahan ikan nila terbaik. Selain lomba memasak ikan nila, juga diadakan restocking atau penebaran benih ikan nila di Danau Buyan. Kegiatan ini bertujuan untuk memulihkan kembali kondisi penyediaan ikan di Danau Buyan ini.

Sebanyak 10 ribu benih ditebar bersama dengan Kelompok Nelayan Danau Buyan. Ekosistem di Danau Buyan juga diupayakan untuk diperbaiki dengan restocking ini. “Selain pada twin lake festival, kami juga mengajak kepada komunitas-komunitas untuk ikut menebar benih ikan,” tutup Arnika. 

Di sisi lain, dalam laporannya saat upacara penutupan TLF Plt Kadis Pertanian Kabupaten Buleleng, Made Sumiarta mengatakan terjadi peningkatan jumlah transaksi pada TLF tahun 2019 ini dibanding tahun lalu. Tahun ini paitia membukukan transaksi sebesar Rp. 209 Juta dibandingkan TLF tahun lalu yang hanya membukukan transaksi sebesar Rp. 140 Juta.

Sumiarta menjelaskan jumlah transaksi yang meningkat tersebut berasal dari bursa kuliner dan juga beragam pameran yang ada. Selain itu, pasar pangan lokal dan bursa yang diikuti oleh Forum Petani Muda Bali turut membantu kenaikan jumlah transaksi ini. Pengunjung pun pada tahun ini terlihat semakin antusias.

Bahkan, upaya penataan areal di Danau Buyan juga disebut-sebut memberi andil atas meningkatnya jumlah kunjungan ke acara Twin Lake Festival. “Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga gelaran tahun ini berjalan dengan lancar,” jelas Sumiarta.

Sementara itu, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten bidang Ekonomi, Pembangunan, Kesejahteraan Rakyat dan Layanan Pengadaan Setda Buleleng, Ni Made Rousmini, mengungkapkan semua upaya mesti berjalan beriringan. Sambil membenahi lingkungan, Pemkab Buleleng bersama masyarakat sesegera mungkin akan mengembangkan pertanian organic yang diintegrasikan dengan pariwisata berbasis masyarakat.

Pengembangan pariwisata juga dilakukan dengan menjadikan keasrian alam sebagai daya tarik wisata. “Oleh karena itu, kita harus tetap menjaga keseimbangan ekosistem khususnya di danau kembar Buyan dan Tamblingan ini karena dua danau ini kawasan suci serta kawasan resapan,” ungkapnya.

Dalam acara penutupan juga dirangkaikan dengan penyerahan hadiah kepada peserta lomba yang terlibat dalam kegiatan Twin Lake Festival ke VI ini. Seperti lomba Gebogan Buah Lokal, lomba Merangkai Bunga, lomba Pedau Singa, Lomba Ngelawar, lomba Gemar Makan Buah, lomba Gemar Makan Ikan, dan Yoga Massal. Penyerahan hadian lomba kepada pemenang dilakukan oleh Asisten bidang Ekonomi, Pembangunan, Kesejahteraan Rakyat dan Layanan Pengadaan Setda Buleleng, Ni Made Rousmini yang mewakili Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana.

(bx/dik/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia