Rabu, 20 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Anggaran Pilkada Tabanan Diusulkan Rp 25 Miliar

07 Juli 2019, 21: 11: 24 WIB | editor : I Putu Suyatra

Anggara Pilkada Tabanan Diusulkan Rp 25 Miliar

RAPAT: KPU Tabanan saat rapat bersama Pemkab Tabanan terkait anggaran Pilkada. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, TABANAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan akhirnya merampungkan usulan untuk anggaran Pilkada Tabanan 2020 mendatang. Dimana KPU Tabanan mengajukan anggaran sebesar Rp 25 Miliar. Selanjutnya usulan tersebut akan dibahas oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Kepala Bapelitbang Tabanan Ida Bagus Wiratmaja menjelaskan bahwa Pemkab Tabanan telah mengundang KPU Tabanan dan Bawaslu Tabanan untuk menyampaikan usulan anggaran Pilkada Tabanan 2020 mendatang. Dimana anggaran yang diajukan sebesar Rp 25 Miliar. "Sementara dipasang Rp 25 Miliar," ujarnya saat dikonfirmasi Minggu (7/7).

Selanjutnya usulan tersebut akan dipasang di KUA PPAS untuk kemudian dibahas terlebih dahulu bersama pihak legislatif. "Hari Senin ini baru akam kita serahkan ke DPRD, nanti kita menunggu jadwal dari DPRD untuk pembahasannya," tegasnya.

Sementara itu Ketua KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa membenarkan jika hari Minggu lalu KPU Tabanan dan Bawaslu Tabanan sudah diundang Pemkab Tabanan untuk mempresentasikan proposal anggaran tersebut. "Dan usulan anggaran itu masih akan dibahas bersama TAPD, jadi berapa anggaran yang disetujui belum bisa kita sampaikan," ujarnya.

Ia menyampaikan usulan anggaran tersebut sudah disesuaikan dengan standar biaya daerah dan menyesuaikan dengan Permendagri dan berbagai hal yang diperlukan seperti misalnya honor PPK, PPS dan lainnya. 

Dan apabila anggaran telah disetujui maka dana akan cair dalam tiga tahap, yakni tahap 1 di tahun 2019, tahap 2 di tahun 2020 dan tahap 3 di tahun 2021 saat pelantikan. "Namun pengamprahannya tetap 1 gelombang," pungkasnya.

Berdasarkan data yang diperoleh, usulan anggaran Pilkada 2020 mendatang lebih besar dibandingkan lima tahun lalu. Dimana lima tahun lalu KPU Tabanan mengusulkan anggaran Rp 20 Miliar lebih dan disetujui Rp 16 Miliar. Terpakai Rp 13 Miliar dan sisanya dikembalikan ke kas daerah. 

Hanya saja tahun lalu tidak ada pengadaan kotak suara, sedangkan tahun 2020 mendatang akan ada pengadaan kotak suara karena yang sebelumnya sudah dilelang. Serta ditambah honor petugas mulai dari PPK, PPS, kemudian petugas KPPS. Dimana lima tahun lalu ada 779 TPS di Kabupaten Tabanan. Dan jika tahun 2020 mendatang jumlah TPS bertambah maka dipastikan anggaran  bertambah.

Tak hanya itu saja, KPU Tabanan juga menyiapkan anggaran untuk hal-hal diluar dugaan seperti pemungutan suara ulang, atau adanya gugatan.

(bx/ras/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia