Kamis, 14 Nov 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Bayar Overstay Rp 14 Juta, Kwitansi Rp 13 Juta, Warga Ceko Protes

08 Juli 2019, 22: 11: 30 WIB | editor : I Putu Suyatra

Bayar Overstay Rp 14 Juta, Kwitansi Rp 13 Juta, Warga Ceko Protes

PROTES: Salah satu wisatawan asal Ceko, Daniel Koliba mengelukan denda overstay tak sesuai dengan kwitansi. (AYU AFRIA UE/BALI EXPRESS-ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR – Seorang warga negara Ceko bernama Daniel Koliba, 29, kembali mengeluhkan denda yang dibayarnya berbeda dengan cetakan kwitansi yang diberikan. Hal tersebut baru diketahui usai pihaknya membayar uang sejumlah Rp 14 juta namun mendapatkan kwitansi denda yang tertera Rp 13 juta. Sehingga patut dicurigai kemana kah sisa uang Rp 1 juta yang dibayarnya.

“Pinalti memang kesalahanku, saya tidak masalah dengan uang tapi ini tentang prinsip. Overstay payment pada receipt tertera Rp 13 juta dengan lama overstay 13 hari. Tapi petugas mengatakan kepada saya harus membayar Rp 14 juta,” ucapnya sembari menunjukkan bukti kwitansi pada Senin (8/7).

Saat bukti kwitansi bernomor NR/427/VII/2019/TPI.II 04/07/2019 yang ditandatangani oleh salah satu petugas yang berinisial GRS pada Kamis (4/7) tersebut ditunjukkan, memang tertera overstay 13 hari. Namun Daniel mengaku malah telah membayar sesuai permintaan petugas sebesar Rp 14 juta.

“Mencuri uangku, bagaimana bisa meminta membayar Rp 14 juta sedangkan kwitansinya Rp 13 juta. Saya meminta keadailan. Saya kecewa. Saya cinta Bali, tapi kenapa begini. Saya cinta Bali,” ungkapnya.

Pihaknya juga mempertanyakan sikap pihak imigrasi saat dirinya mengajukan pembelian stiker perpanjangan izin tinggal 30 hari lagi menggunakan VoA (Visa on Arrival). Dia mengaku justeru mendapati jawaban permintaan maaf dan menyampaikan bahwa Daniel tidak bisa membeli stiker itu atas pertimbangan tertentu.

Sebelumnya diberitakan bahwa pihaknya sempat mengalami masalah saat akan keluar dari Bali menuju Singapura pada Senin (1/7). Yakni pembayaran denda yang tidak sesuai dengan jumlah hari overstay hingga dibatalkannya flight ticket sebanyak dua kali.

Daniel akhirnya kembali mencoba keluar Bali pada Kamis (4/7) dan membayar denda Rp 14 juta sesuai permintaan petugas. Sayangnya setibanya di Singapura, Daniel justeru baru sadar mendapati nominal denda di kwitansi yang diterimanya berbeda dengan yang diminta petugas.

(bx/afi/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia