Jumat, 06 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Bangunan Menyerupai Kapal Laut Berdiri di Desa Mas, Ubud

09 Juli 2019, 20: 14: 17 WIB | editor : I Putu Suyatra

Bangunan Menyerupai Kapal Laut Berdiri di Desa Mas, Ubud

KAPAL: Tampak bangunan gedung yang menyerupai kapal laut di wilayah Banjar Kawan, Desa Mas, Ubud, Selasa (9/7) (PUTU AGUS ADEGRANTIKA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, GIANYAR - Sebuah bangunan yang menyerupai kapal laut terdapat di wilayah Banjar Kawan, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar. Bangunan yang berdiri tepat pada timur setra desa setempat masih proses finishing, dan akan dijadikan sekolah pelatihan kapal pesiar. Hal itu dijelaskan oleh salah satu pemborong bangunan yang mengaku bernama Pak Anam, Selasa (9/7). 

Ia memaparkan pengerjaan sudah dimulai sejak satu tahun lalu dengan membentuk kerangkanya menggunakan baja. Bangunan itu lebar dan tingginya pun hampir sama dengan kapal laut aslinya. "Proses pembangunannya sejak satu tahun yang lalu dengan merakit kerangka menggunakan baja. Kalau bentuknya menyerupai kapal laut karena bangunan ini akan dipakai pelatihan untuk tenaga yang siap dikirm ke kapal pesiar, bisa dikatakan kampus lah,"  ungkapnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group). 

Bangunan yang berlokasi di pinggir Jalan Raya Mas - Lodtunduh Ubud itu pun terdiri atas empat lantai. Dengan. Masing-masing lantai berisikan sebanyak enam ruangan belajar, sedangkan paling bawah akan dijadikan tempat parkir. Anam mengaku  tinggi bangunan tersebut mencapai 12 meter, lebarnya 12 meter dan panjangnya mencapai 52 meter. 

Disinggung dengan kendala pembangunan gedung berbentuk kapal itu, ia mengaku tidak menemukan kendala. Bahkan ia merasakan lebih mudah membuatnya dari pada membuat bangunan gedung bertingkat seperti biasanya. "Lebih cepat ini, kalau kendala tidak ada karena memakai kerangka baja," ungkap pria asli Malang, Jawa Timur tersebut. 

Pembangunannya pun dikatakan tidak menggunakan target sehingga ia bekerja tidak dikejar dengan waktu. "Kita bekerja ada sekitar 30 orang dan tidak pakau target," jelasnya. 

Sedangkan Perbekel Desa Mas, I Wayan Gede Dharma Yuda mengaku pemilik bangunan itu berasal dari Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh. Ia pun menerangkan memang bangunan berbentuk kapal laut itu akan digunakan sebagai kampus mencetak tenaga siap kirim ke kapal pesiar. 

Disinggung kenapa dipilihnya di Desa Mas,? Dharma Yudha mengatakan lokasinya sangat cocok bagi tamatan SMA/SMK yang berkeinginan melatih diri bekerja ke kapal pesiar di wilayah Bali Timur. Sehingga tidak lagi harus mencari kampus sampai ke Denpasar. 

"Kalau nama pemiliknya saya lupa, tapi  ini didirikan di Desa Mas karena lokasinya dikatakan cocok karena ada di daerah pariwisata. Selain itu memang kebetulan tanahnya yang pemilik sewa dapat di kawasan Desa Mas," ungkapnya. 

Ia menambahkan pengurusan terkait izin telah dilakukan dua tahun lalu sebelum bangunan tersebut dikerjakan. "Saya berharap dengan adanya kampus itu masyarakat di Gianyar dan sekitarnya bisa memanfaatkannya. Khusus bagi yang ingin berlayar. Selain itu kami merasa sangat terbantu, karena lulusan SMK/SMA tidak jauh-jauh lagi untuk kuliah," imbuhnya. 

(bx/ade/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia