Rabu, 24 Jul 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Bantuan Dana Upakara Badung Rencananya Dipangkas, dan Cairnya Lambat

11 Juli 2019, 19: 13: 36 WIB | editor : I Putu Suyatra

Bantuan Dana Upakara Badung Rencananya Dipangkas, dan Cairnya Lambat

Ilustrasi (DOK. BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, MANGUPURA - Rencana rasionalisasi anggaran yang dilakukan Pemkab Badung juga berimbas kepada dana upakara. Rencananya, biaya upakara dipangkas. Termasuk pencairannya juga tak tepat waktu lantaran rasionalisasi masih dalam pembahasan.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Badung, Ida Bagus Anom Bhasma, Kamis (11/7) memastikan dana upakara tetap bertahan. Hanya saja, tidak bisa ditanggung secara total sesuai proposal. Hal ini karena rasionalisasi. "Pura yang dananya kira-kira lebih dipotong setengah. Misalnya, kalau mengajukan nominal Rp 1,5 miliar dikasih Rp 1 miliar," ungkapnya.

Pun begitu, Anom Bhasma mengatakan pencairan dana sedikit terlambat lantaran masih proses rasionalisasi. Oleh karena itu, pihaknya berharap masyarakat bisa bersabar menunggu.  "Karena pemasukan dari PAD agak berkurang, agak lambat pencairanya, supaya masyarakat tahu," ujarnya.

Namun pihaknya mengaku sudah memberitahukan kepasa masyarakat yang mengajukan proposal. Dipastikan, anggaran tetap bisa dicairkan meski agak lama. "Kami sudah beritahukan sebelumnya, karena sekarang dirasionalisasi, tapi untuk kepentingan masyarakat pasti diutamakan," tegasnya.

Seperti diketahui, rencana rasionalisasi pendapatan asli daerah menjadi Rp 5 triliun oleh Pemkab Badung tengah proses pembahasan di DPRD Badung. Namun dewan belum sepakat soal rencana rasionalisasi tersebut. Dewan menginginkan angka Rp 6,7 triliun tetap dipertahankan. “Kami belum terima angka segitu. Kami ingin tak ada rasionalisasi. Tunjukan dulu kemampuan Bapenda, jangan ujug-ujug  bilang sudah tidak bisa dan mentok pada angka segitu (5 triliun, Red),” ungkap Ketua DPRD Badung, Putu Parwata, Rabu (10/7).

(bx/adi/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia