Sabtu, 07 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bisnis
OTOTIPS

Kapan saatnya Ganti Kampas Rem?

14 Juli 2019, 16: 14: 10 WIB | editor : I Putu Suyatra

Kapan saatnya Ganti Kampas Rem?

SISTEM pengereman kendaraan merupakan suatu komponen penting sebagai keamanan dalam berkendara. Apabila rem kendaraan tidak berfungsi dengan baik,  maka dapat dipastikan akan menimbulkan bahaya dalam berkendara.

Karena itu, kampas rem juga wajib mendapatkan perawatan secar berkala. Secara pabrikan, kampas rem memiliki waktu penggantian ketika kendaraan sudah digunakan untuk menempuh jarak tertentu. 

Namun demikian, belum ada data pasti kapan kampas rem harus diganti, karena disesuaikan dengan kondisi pola berkendara, seperti jalanan yang sering macet dan gaya berkendara yang lebih banyak menggunakan pengereman atau tidak.

Jika tidak diganti, akan mempengaruhi performa kendaraan, seperti kurangnya kemampuan redaman roda untuk menghentikan sepeda motor, juga beresiko besar, rentan kecelakaan. Untuk itu butuh perbaikan agar rem kembali bekerja maksimal.

Kapan saatnya kampas rem harus diganti? Data pengereman menurun, terdengar suara gesekan saat direm, dan handle rem terasa lebih dalam. Mengganti kampas rem bisa dilakukan di bengkel sepeda motor, dan pelanggan harus memastikan jika kampas rem yang dibeli adalah produk yang original.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia