Senin, 09 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Bupati Klungkung Tegur Pedagang Buang Sampah Sembarangan

14 Juli 2019, 16: 48: 26 WIB | editor : I Putu Suyatra

Bupati Klungkung Tegur Pedagang Buang Sampah Sembarangan

PUNGUT SAMPAH: Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memungut sampah dalam Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik, Minggu (14/7). (HUMAS PEMKAB KLUNGKUNG FOR BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, SEMARAPURA - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memimpin pemburuan sampah dalam aksi Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik, Minggu (14/7) pagi. Lokasinya di Terminal Semarapura, Pasar Galiran hingga kawasan pemukiman penduduk di Jalan Kecubung, Jalan Kenyeri dan Jalan Matahari, Semarapura.

Bertepatan dengan aksi tersebut, Suwirta sempat menegur beberapa pelaku usaha di Jalan Kecubung dan Jalan Kenyeri karena sampah plastik dan pecahan gelas di area pertamanan dan lahan kosong. Pemilik warung di Jalan Kenyeri I Nengah Narta langsung minta maaf kepada Suwirta. Ia mengatakan konsumennya membuang sampah plastik di tanah kosong sebelah warungnya. Di hadapan Suwirta dia berjanji akan melarang konsumennya membuang sampah plastik sembarangan. Ia juga akan menyiapkan tempat sampah.

Dalam aksi yang merupakan program Gubernur Bali I Wayan Koster itu, bupati beserta stafnya bergerak dari sekitar pukul 7.30 wita. Tanpa rasa canggung, Suwirta dan Sekda Klungkung Gede Putu Winastra memungut sampah hingga masih ke got. Terkumpul lima kantong besar penuh sampah plastik. “Mungkin orang mengira saya melakukan ini semua demi pencitraan. Tapi kalau tidak kerja malah dikatakan tidak mau kerja,” ujar Suwirta.  “Tapi biarlah mereka bicara apa. Saya lakukan hal semacam ini sudah sejak dulu, makanya tidak canggung,” imbuh Suwirta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung Anak Agung Kirana yang ikut dalam aksi tersbeut mengatakan, kegiatan tersebut juga dilakukan di seluruh kecamatan di Kabupaten Klungkung. Termasuk di Nusa Penida. Total sampah plastik yang dikumpulkan sekitar 257 kilogram.

(bx/wan/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia