Rabu, 21 Aug 2019
baliexpress
icon featured
Bisnis

Batur UNESCO Global Geopark Ditarget Raup Pendapatan di Atas Rp 20 M

15 Juli 2019, 20: 05: 12 WIB | editor : I Putu Suyatra

Batur UNESCO Global Geopark Ditarget Raup Pendapatan di Atas Rp 20 M

PANORAMA GEOPARK: Sejumlah wisatawan mancanegara memilih kawasan Batur Geopark di Kintamani, menjadi destinasi favorit untuk berfoto. Seperti dipotret Bali Express (Jawa Pos Group), belum lama ini. (AGUS EKA PURNA NEGARA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, BANGLI - Sektor pariwisata di Kabupaten Bangli makin menggeliat dengan dibentuknya Badan Pengelola Batur UNESCO Global Geopark (BUGG). Belum setahun dibentuk, pendapatan dari retribusi pariwisata yang diraup hampir setengah dari target.

Bupati Bangli I Made Gianyar menyatakan, sebelum dibentuknya badan pengelola, pendapatan yang bersumber dari pariwisata, utamanya Kintamani tidak pernah mencapai Rp 15 miliar. Bupati asal Desa Bunutin, Kintamani, itu pun berambisi mampu melampaui angka di atas Rp 20 miliar tiap tahun.

"Tapi sekarang prediksinya akan bisa mencapai angka Rp 25 sampai Rp 27 miliar. Sehingga dari target tersebut, kenaikannya bisa lebih dari 100 persen,” harap Made Gianyar, kemarin (15/7).

Dengan pendapatan meningkat, diharapkan pelayanan prima juga berjalan beriringan. "Masalah-masalah buruk pariwisata kita yang dulu harus hilang. Harus diperbaiki," tegasnya.

Kata Gianyar, kawasan Batur Kintamani makin diminati sebagai destinasi pilihan. Jumlah kunjungan tamu lokal dan mancanegara diakui berimbang. Obyek wisata andalan seperti air panas Toya Bungkah, Gunung Batur, Anjungan Panelokan, Terunyan, dan Danau Batur tetap ramai dikunjungi meski di luar hari libur.

"Belum lagi tempat wisata kecil-kecil yang dikembangkan masyarakat. Hendaknya peningkatan tersebut harus tetap diimbangi dengan terjaganya sapta pesona, baik dari sisi kebersihannya maupun keramah-tamahannya," pungkas Gianyar.

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia