Selasa, 20 Aug 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Bali Express-Prodi Ilkom STAHN Siap Jalin Kerja Sama

18 Juli 2019, 21: 37: 46 WIB | editor : Chairul Amri Simabur

Bali Express-Prodi Ilkom STAHN Siap Jalin Kerja Sama

Siap Kerja Sama : Pimred Bali Express, Ketut Ari Teja saat menerima kunjungan rombongan dari Dosen Ilkom STAHN Mpu Kuturan Singaraja, Kamis (18/7) siang. (Putu Mardika/Bali Express)

Share this      

BALI EXPRESS, DENPASAR - Sejumlah dosen di prodi Ilmu Komunikasi STAHN Mpu Kuturan Singaraja bertandang ke markas media Bali Express (Jawa Pos Group), Kamis (18/7) di Renon Denpasar.

Kedatangan dosen dari satu-satunya perguruan tinggi Hindu di Buleleng ini bermaksud untuk menjalin kerjasama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kunjungan dipimpin langsung oleh Kaprodi Ilmu Komuniasi, Made Bagus Andi Purnomo, M.Pd. Rombongan disambut hangat oleh Pimpinan Redaksi (Pimred) Bali Express (Jawa Pos Group) Ketut Ari Teja.

Di sela-sela pertemuan, Bagus Purnomo mengatakan kerjasama dengan media massa bukan  hanya untuk kepentingan publikasi semata. Melainkan juga untuk membantu menyiapkan para mahasiswa dalam belajar ilmu jurnalisti secara nyata di lapangan.

"Kami di Prodi Ilkom memiliki profil lulusan salah satunya di bidnag Jurnalistik. Jadi kedepan, kami berharap dari Bali Express bisa saling mengisi bagaimana mahasiswa mempersiapkan dirinya sebagai wartawan di era digital saat ini,” terangnya kepada Bali Express.

Ia mengatakan kerja sama bidang Tridharma perguruan tinggi menyasar tiga hal vital sebagai fungsi dari lembaga pendidikan tinggi yakni bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Pada bidang pendidikan, pihaknya ingin melibatkan mahasiswa dalam hal praktek kerja lapangan (magang). Bali Express dinilai sebagai media yang sudah malang melintang di Pulau Dewata dan sangat kuat dalam berbagai jenis pemberitaan.

Sementara pada bidang penelitian, dosen Prodi Ilmu Komunikasi didorong untuk melakukan riset terkait penyiaran berita di Bali Express, baik dari segi konten portal dan jurnalisme.

"Pada bidang pengabdian pada masyarakat juga kami bisa bekerja sama menyelenggarakan pelatihan di bidang jurnalistik kepada kalangan siswa, mahasiswa dan masyarakat luas," imbuh dia sembari mengungkapkan agenda penting yang akan dikerjasamakan juga pada aspek literasi media guna menanggulagi berita hoax.

Prodi Ilmu Komunikasi sebagai salah satu prodi baru di Bali dan di Buleleng khususnya kedepan akan terus berbenah. Utama terkait akreditasi.

"Kami optimis segera terakreditasi karena proses penyiapannya dengan 9 kriteria BAN-PT sedang disiapkan dengan sangat matang," tambahn
Kerjasama dari Prodi Ilkom inipun disambut hangat oleh Pimred Bali Express, Ari Teja.

Menurutnya sudah saatnya dunia akademisi dan media menjalin kerjasama yang erat dalam berbagai bidang, khususnya pengembangan sumber daya manusia di bidang jurnalistik.

Mengingat saat ini peluang menjadi jurnalis sangat terbuka lebar. Pun dengan tantangan di era digital, seorang jurnalis tak hanya mumpuni di bidang akademik semata. Tetapi juga dari sisi pengalaman.

“Ini sangat bagus, kami berharap bisa saling mengisi. Dan Prodi Ilkom tetap bisa mencetak calon jurnalis yang kompeten dan berpengalaman,” singkatnya.

(bx/dik/hai/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia