Selasa, 20 Aug 2019
baliexpress
icon featured
Enjoy Bali

Dukuh Hill Andalkan Bentangan Indahnya Pemandangan Alam

20 Juli 2019, 17: 45: 58 WIB | editor : I Putu Suyatra

Dukuh Hill Andalkan Bentangan Indahnya Pemandangan Alam

ALAM: Dukuh Hill di Banjar Dinas Karang Suung Kaja, Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli ini, tak hanya tawarkan indahnya alam. Disediakan juga perpustakaan khusus, agar pengunjung benar benar bisa menikmati suasana santai. (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, BANGLI - Selain Gunung Batur dan Desa Trunyan, Bangli memiliki objek wisata buatan yang tidak kalah populer dengan objek wisata alam yang sudah terlebih dahulu terkenal. Dukuh Hill yang berlokasi di Banjar Dinas Karang Suung Kaja, Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli ini, siap bersaing merebut pengunjung.

Hampir sama dengan objek wisata selfie lainnya, Dukuh Hill juga mengandalkan pemandangan alam dan hutan hijau sebagai spot utamanya. Selain itu, Dukuh Hill  juga dilengkapi beragam fasilitas wisata lainnya. 

Pengelola Dukuh Hill, Ketut Artha, mengatakan, Dukuh Hill memiliki dua anjungan, yakni Anjungan Cinta dan Anjungan Single.


Kenapa disebut dengan Anjungan Cinta? Dijelaskan Artha, dinamai Anjungan Cinta karena di anjungan ini terdapat dua ayunan.  Wisatawan yang datang bisa selfie di ayunan  bersama dengan pasangannya.

Sedangkan Anjungan Single, wisatawan bisa menikmati wahana ini sendiri, karena ayunan yang disediakan hanya satu. "Biasanya aktivitas foto yang mendominasi kegiatan wisata di Dukuh Hill ini. Selain menyediakan anjungan, lokasi ini juga memiliki latar belakang pemandangan yang indah," lanjutnya.


Latar belakang pemandangan yang indah karena lokasi dari Dukuh Hill berada di daerah yang cukup tinggi, sehingga wisatawan bisa menikmati pemandangan hijau di kejauhan.


Selain itu,  udaranya sangat sejuk, sehingga sangat cocok sebagai tempat santai, khususnya bagi para pekerja kantoran dari Kota Denpasar dan sekitarnya.
Selain aktivitas foto, wisatawan  juga bisa menikmati fasilitas perpustakaan gratis yang disediakan khusus di objek wisata ini. "Perpustakaan ini, merupakan pengembangan dari fasilitas sebelumnya," terang Artha.


Ide untuk menyediakan perpustakaan ini, lanjut  Artha, juga berdasarkan pengalaman pribadi  ketika berekreasi ke tempat wisata sejenis yang berlokasi di luar Bali. Ketika melakukan kegiatan wisata di luar Bali, lanjutnya, tertarik melihat adanya perpustakaan mini di objek wisata yang dikunjungi.


Akhirnya setelah kembali ke Bali, ide untuk membuat perpustakaan di kawasan Dukuh Hill direalisasikan. Awalnya wisatawan yang datang tidak memanfaatkan fasilitas perpustakaan ini sebagai mana mestinya. "Wisatawan malah menggunakan area perpustakaan ini sebagai salah satu spot untuk narsis," ungkapnya.


Hal ini dikatakannya karena minat wisatawan yang datang tidak untuk membaca buku, namun untuk bersantai dan berfoto.  Seiring dengan bertambahnya koleksi buku yang disediakan, akhirnya ada beberapa wisatawan yang betah membaca buku di objek wisata ini.


Artha mengatakan hampir 40 persen buku yang disediakan adalah buku milik pribadinya. Sisanya, ada yang dibeli dan ada juga yang berasl dari sumbangan instansi atau perusahaan melalui program bantuan sosial. "Dengan banyaknya koleksi buku ini, kami berharap wisataan yang datang bisa betah berwisata di tempat ini, sekaligus bisa  menumbuhkan minat membaca di kalangan masyarakat," tambahnya.


Artha mengatakan fasilitas pendukung di objek wisata ini cukup lengkap. Mulai dari toilet hingga warung makan. Bagi wistawan yang ingin berkunjung ke objek wisata ini, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. 


Karena pihak Dukuh Hill hanya mematok harga tiket sebesar Rp 15 per orang. Selain itu, fasilitas tempat parkir yang disediakan juga sangat nyaman untuk memarkir kendaraan pengunjung, baik itu kendaraan roda dua atau roda empat. Dari tempat parkir menuju objek wisata ini, wisatawan  tidak perlu berjalan jauh, karena aksesnya cukup dekat, apalagi  kondisi jalan setapak yang nyaman.

(bx/gek/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia