Selasa, 20 Aug 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Sidang Pertama, DPRD Badung Tetapkan Fraksi dan Kelengkapan Dewan

12 Agustus 2019, 22: 21: 58 WIB | editor : Nyoman Suarna

Sidang Pertama, DPRD Badung Tetapkan Fraksi dan Kelengkapan Dewan

SIDANG: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Badung menggelar sidang paripurna perdana, Senin (12/8). (HUMAS DPRD BADUNG FOR BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, MANGUPURA - Pasca dilantik 5 Agustus lalu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Badung untuk pertama kalinya menggelar sidang paripurna, Senin (12/8). Sidang ini mengagendakan penetapan anggota fraksi dan alat kelengkapan dewan (AKD).

Rapat yang dipimpin Pimpinan Dewan Sementara I Putu Parwata (Ketua) dan I Wayan Suyasa (Wakil Ketua) membacakan nama-nama anggota fraksi untuk setiap komisi. Bila periode 2014-2019 jumlah fraksi ada empat, untuk periode 2019-2024 atau untuk lima tahun ke depan, hanya ada tiga fraksi dari lima parpol yang lolos DPRD Badung. Di antaranya, Fraksi PDIP dengan anggota 38 orang. Lalu Fraksi Golkar dengan anggota delapan orang, yang terdiri dari tujuh dari Golkar dan satu orang Nasdem. Kemudian Fraksi Badung GeDe yang beranggotakan empat orang, terdiri dari dua orang dari Demokrat dan dua lainnya dari Gerindra.

 “Kami berharap anggota fraksi dan alat kelengkapan dewan yang terbentuk dapat segera dibentuk sehingga bisa segera bekerja,” ungkapnya.

Rapat paripurna diawali dengan penetapan fraksi. Pertama PDIP sebagai fraksi terbesar menyodorkan struktur kepengurusan fraksi paling gemuk. Selaku penasihat bercokol nama I Nyoman Giri Prasta dan Putu Parwata, Ketua Fraksi I Gusti Anom Gumanti. Ketua fraksi ini didampingi lima wakil ketua fraksi, masing-masing I Nyoman Satria, Nyoman Dirgayusa, Putu Alit Yandinata, IB Sunartha dan Wayan Regep. Kemudian untuk sekretaris fraksi dijabat Made Ponda Wirawan dan Wakil Sekretaris Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi. Untuk posisi bendahara dipercayakan kepada I Made Sumerta dan Wakil Bendahara IGN Sudiarsa. Sementara untuk keanggotaan fraksi terdiri dari 11 orang dari total 28 kader PDIP di DPRD Badung.

Kemudian fraksi kedua yang terbentuk yakni Fraksi Golkar. Fraksi ini terdiri dari dua parpol yaitu Golkar sebanyak tujuh orang dan Nasdem satu orang. Komposisi kepengurusan selaku penasehat I Wayan Suyasa, Ketua Fraksi IGN Shaskara, Wakil Ketua Nyoman Karyana, Sekretaris AAN Agus Nadi Putra, Bendahara Ni Ketut Sueni. Sedangkan anggotanya meliputi Nyoman Suka, Ni Luh Gede Mediastuti dan I Gede Suardika (Nasdem).

Fraksi ketiga atau yang paling minoritas terbentuk adalah Fraksi Badung GeDe. Fraksi gabungan Demokrat dan Gerindra ini terdiri empat anggota yang setiap partai itu menempatkan dua anggotanya. Yang menarik, pengurus fraksi ini merangkap sebagai anggota.

Pembentukan dan struktur kepengurusan ketiga fraksi ini pun langsung disetujui dan disahkan pimpinan dewan. Dalam rapat yang diikuti seluruh anggota juga menetapkan pimpinan dan anggota alat kelengkapan dewan (AKD). Seperti I Wayan Regep sebagai ketua Komisi I. Kemudian I Gusti Anom Gumanti sebagai ketua Komisi II. Lalu Putu Alit Yandinata sebagai ketua Komisi II, serta Made Sumerta sebagai ketua Komisi IV. Untuk ketua Badan Kehormatan dipercayakan kepada Nyoman Dirga Yusa. Sedangkan ketua Badan Legislasi ditempati I Nyoman Satria. “Pembentukan AKD ini sudah berlangsung secara demokratis dan sudah disetujui semua anggota dewan. Selain itu, juga sudah disahkan lewat rapat paripurna intern. Jadi AKD dan fraksi ini sudah resmi terbentuk,” tandasnya.

(bx/adi/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia