Minggu, 08 Dec 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Demokrat Bergabung, Hanura Jadi Fraksi Gemuk

13 Agustus 2019, 19: 04: 40 WIB | editor : Nyoman Suarna

Demokrat Bergabung, Hanura Jadi Fraksi Gemuk

Sekretaris DPC Partai Hanura Klungkung I Wayan Buda Parwata (DOK. BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, SEMARAPURA - Fraksi Hanura DPRD Klungkung periode 2019-2024 menjadi fraksi gemuk. Hal tersebut menyusul keputusan Partai Demokrat yang memilih merapat ke Fraksi Hanura. Demokrat mengikuti jejak PKPI dan Perindo yang lebih dulu memutuskan bergabung dengan Hanura.  

Dengan kehadiran Demokrat, total anggota dewan Fraksi Hanura menjadi tujuh orang. Terdiri dari tiga orang dari Partai Hanura, dua dari Demokrat, ditambah Perindo dan PKPI masing-masing satu orang. Jumlah anggota Fraksi Hanura nomor tiga setelah Fraksi PDIP dengan sembilan kursi, dan Gerindra dengan delapan kursi.

Kepastian Demokrat berlabuh ke Hanura dibenarkan Sekretaris DPC Partai Hanura Klungkung I Wayan Buda Parwata, Selasa (13/8). Sebelum menyatakan bergabung  dengan Hanura, Demokrat beberapa kali mengadakan pertemuan dengan Hanura. “Karena Demokrat belum bisa bentuk fraksi sendiri, makanya merapat ke Hanura,” ujar Buda Parwata.

Anggota dewan yang kembali terpilih periode lima tahun ke depan ini menegaskan, secara aturan, dengan tiga wakil di legislative, Hanura sudah bisa membentuk fraksi sendiri. Tanpa harus ketergantungan dengan partai lain. Namun ia memastikan partainya terbuka untuk partai yang tidak bisa membentuk fraksi sendiri. Hanya saja, politikus asal Desa Timuhun, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung itu menyebutkan, keputusan bergabungannya Demokrat, PKPI dan Perindo baru sebatas keputusan lisan. “Kami masih menunggu surat resminya,” terang Buda Parwata.

Bagaimana dengan jabatan di fraksi? Buda menegaskan, hingga saat ini belum membahas detail hal itu. Ia sebatas memastikan bahwa posisi ketua fraksi dipegang anggota dewan dari Hanura. Kemungkinan Putu Sri Handayani.

Sedangkan Ketua DPC Demokrat Klungkung Gde Artison Andarawata dihubungi, Senin (13/8) mengatakan, keputusan partainya merapat ke fraksi mana akan disampaikan setelah pelantikan dewan yang dijadwalkan Rabu (14/8). Seperti diketahui, hasil Pemilu April 2019, Demokrat meloloskan dua calegnya ke DPRD Klungkung. Yaitu Gde Artison Andarawata dan I Made Jana. Perolehan kursi itu turun dari sebelumnya tiga kursi.

(bx/wan/man/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia