Selasa, 20 Aug 2019
baliexpress
icon featured
Bali

HUT RI, Camat Karangasem Gelar Lomba Lawar Buah Naga dan Daun Kamboja

13 Agustus 2019, 19: 23: 21 WIB | editor : Nyoman Suarna

HUT RI, Camat Karangasem Gelar Lomba Lawar Buah Naga dan Daun Kamboja

MEBAT – Para peserta lomba mebat gibungan yang diadakan Camat Karangasem serangkaian memeriahkan HUT RI. (HUMAS PEMKAB KARANGASEM FOR BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, AMLAPURA -  Camat Karangasem menggelar lomba mebat (mengolah makanan khas Bali), Selasa (13/8). Lomba serangkaian memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) tersebut, khusus untuk mebat gibungan yang nantinya dinikmati dengan cara magibung (makan bersama khas Karangasem). Lomba semacam itu juga pernah digelar pada HUT RI tahun lalu.

Camat Karangasem Cokorda Alit Surya Prabawa mengatakan, lomba tersebut tak sebatas meriahkan HUT RI, tetapi juga untuk melestarikan tradisi magibung di Karangasem. “Kegiatan ini juga untuk memupuk kebersamaan dari semua stakeholder di Kecamatan Karangasem,” ujarnya.

Dalam lomba tersebut, pihaknya mendorong agar peserta menonjolkan ciri khas olahan gibungan daerah asalnya. Misalnya, olahan lawar daun bunga kamboja yang mulai terkenal di Desa Adat Dukuh Penaban, Kelurahan Karangasem. Olahan lawar kecai yang familiar di Kelurahan Padangkerta. Ada juga lawar buah naga yang dikenal di Desa Bugbug.

Lomba kali ini diikuti 13 regu, terdiri dari perwakilan kelurahan, desa, polsek dan organisasi masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Karangasem. Penilaian melibatkan tiga dewan juri, yaitu Gusti Lanang Kastawa, Made Suarka, dan Nyoman Ardika. “Kategori penilaian yang digunakan adalah penampilan, rasa, kebersihan, kekompakan tim dan inovasi,” ujar salah seorang juri Made Suarka.

Dari hasil penilaian, sebagai juara I diraih Polsek Karangasem, juara II Kelurahan Karangasem, dan juara III Desa Bugbug.

Seperti diketahui, tradisi magibung masih lestari di kabupaten paling ujung timur Pulau Bali itu. Hampir setiap kegiatan, digelar magibung.

(bx/wan/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia