Rabu, 18 Sep 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Pemadaman Api di Gunung Batukaru Dihentikan, Pendakian Ditutup

15 Agustus 2019, 22: 34: 11 WIB | editor : Nyoman Suarna

Pemadaman Api di Gunung Batukaru Dihentikan, Pendakian Ditutup

RAPAT: Rapat koordinasi terakhir di Pura Batukaru, Kamis (15/8). (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, TABANAN - Pemadaman api akibat kebakaran hutan dan lahan di sekitar puncak Gunung Batukaru, Desa Wangaya Gede, Kecamatan Penebel, Tabanan ditutup, Kamis (15/8) setelah api dipastikan benar-benar padam.

Bendesa Adat Wangaya Gede I Ketut Sucipto menerangkan bahwa selama proses pemadaman, ada 541 orang relawan yang terlibat. Mulai dari masyarakat, petugas BPBD, kepolisian hingga TNI.

"Kalau masyarakat berasal dari 11 Banjar Adat diseputaran Gunung Batukaru, ada dari Desa Pujungan, Batungsel, Sanda, Jatiluwih, Piling, hingga Wangaya Gede sendiri," tegasnya.

Ia menambahkan, kelompok relawan yang naik terakhir berjumlah 60 orang dan saat ini sudah turun dari lokasi kebakaran seluruhnya. Dan berdasar informasi terkini, total lahan yang terbakar adalah 45 sampai 50 are. Jam 11 tadi (kemarin,Red) relawan sudah turun semuanya dan upaya pemadaman kita tutup karena api dan bara api sudah padam," lanjutnya.

Pihaknya pun mengaku bersyukur karena api dapat dipadamkan dan tidak menimbulkan korban jiwa maupun melalap pelinggih di Pura Puncak Kedaton. Sehingga dalam waktu dekat Desa Adat akan berkoordinasi dengan Ida Kabayan untuk menggelar Guru Piduka. "Itu pasti tetapi waktunya kapan masih dikoordinasikan," imbuhnya.

Pascaperistiwa tersebut, selaku pengelola, pihaknya tidak akan menutup jalur pendakian di Gunung Batukaru, namun untuk sementara tidak diperkenankan untuk melakukan pendakian karena menjelang Pujawali di Pura Puncak Kedaton. "Pujawalinya memang bulan Februari tahun depan, tetapi persiapannya sudah dimulai sejak jauh hari. Jadi untuk sementara pendakian tidak diperkenankan," pungkasnya.

(bx/ras/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia