Sabtu, 19 Oct 2019
baliexpress
icon featured
Politik

Gerindra-PKPI Merapat, PDIP Makin Gemuk di DPRD Bangli

21 Agustus 2019, 10: 42: 55 WIB | editor : I Putu Suyatra

Gerindra-PKPI Merapat, PDIP Makin Gemuk di DPRD Bangli

Ilustrasi (ISTIMEWA)

Share this      

BALI EXPRESS, BANGLI - Fraksi Gabungan bentukan Partai Gerindra, PKPI, dan Hanura di DPRD Bangli buyar. Keputusan itu menyusul Gerindra yang memilih bergabung ke Fraksi PDIP. Tidak cuma itu, PKPI juga kabarnya akan ikut merapat ke fraksi kepala banteng tersebut. Jika keputusan itu final, otomatis jumlah anggota Fraksi PDIP makin gemuk. Terdapat 18 anggota, satu anggota DPRD dari Gerindra yakni I Made Joko Arnawa, plus satu anggota dari PKPI yakni I Wayan Wedana. Sisanya murni kader PDIP.

Anggota DPRD Bangli I Made Joko Arnawa membenarkan dirinya merapat ke Fraksi PDIP. Joko beranggapan, Gerindra tidak mau menghambat kinerja DPRD dengan lambannya pembentukan fraksi. Maka Gerindra memutuskan bergabung. Ini juga sesuai dengan rekomendasi dari induk partainya.

“Awalnya kami siap membentuk Fraksi Gabungan. Gerindra, PKPI, dan Hanura. Tapi detik-detik akhir, konsolidasi renggang. Hanura juga dirasa belum memastikan secara matang,” ungkap Joko.

Dengan buyarnya Fraksi Gabungan, maka kasak-kusuk munculnya fraksi lain mencuat. Yakni Fraksi Restorasi Nurani. Hal itu seperti dikatakan, anggota DPRD Bangli dari Nasdem I Gede Tindih. Dimana dia membenarkan, Hanura telah solid membentuk fraksi bersama kubunya. Dia menegaskan gabungan fraksi ini diberi nama Fraksi Restorasi Nurani.

Pertemuan keduanya berlangsung pada 18 Agustus lalu, dan telah mengeluarkan kata sepakat untuk membentuk fraksi di dewan Bangli. Menurut Tindih, kedua kubu sudah mendapat rekomendasi dari masing-masing induk partai. Nasdem Bali mengeluarkan rekomendasi agar bergabung ke Hanura, begitu juga sebaliknya.

Gede Tindih langsung ditunjuk menjadi ketua fraksi. Sementara wakil ketua fraksi dipegang kader Hanura I Wayan Nekayasa. Sedangkan bendahara I Ketut Guna.

“Masalah pertimbangan. Yang jelas kami siap menjalankan perintah. Sesuai fungsi fraksi sebagai perpanjangan partai. Saya rasa ini juga mengacu koalisi di pusat juga, menurut saya,” jelas Tindih. 

(bx/aka/yes/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia