Rabu, 18 Sep 2019
baliexpress
icon featured
Bali

Berebut Kursi Kadis, 18 Pelamar Jalani Tes Assement

21 Agustus 2019, 22: 24: 35 WIB | editor : Nyoman Suarna

Berebut Kursi Kadis, 18 Pelamar Jalani Tes Assement

UJI KOMPETENSI: Peserta seleksi terbuka mengikuti tes kompetensi manajerial dan sosio kultural di Kantor Bupati Tabanan, Rabu (21/8). (DEWA RASTANA/BALI EXPRESS)

Share this      

BALI EXPRESS, TABANAN - Sebanyak 18 orang pejabat eselon IIIa, mulai camat, kepala bagian (kabag), sekretaris dinas (sekdis) di lingkungan Pemkab Tabanan mengikuti penilaian kompetensi manajerial dan sosio kultural. Tes kompetensi itu dilangsungkan Rabu (21/8) di Ruang Rapat Kantor Bupati Tabanan. 

Penilaian kompetensi manajerial dan sosio kultural tersebut berlangsung selama dua hari. Rabu (21/8) dilakukan penilaian Focus Grop Discusion (FGD) dengan materi yang sudah ditentukan asesor. Sedangkan hari kedua pada Kamis (22/8), bakal dilakukan psikometeri kepemimpinan sesuai dengan kriteria yang disampaikan oleh asesor.  

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tabanan I Wayan Sugatra mengungkapkan, penilaian tersebut mendatangkan asesor dari BKD NTB (Badan Kepegawaian Daerah Nusa Tenggara Barat). Itu sesuai arahan pemerintah pusat. Dia pun menyebutkan, pada pelaksanaan tes hari pertama, seluruh peserta hadir. “Pelamar seluruhnya hadir, dan mereka tampak tenang,” tegasnya.

Ia menambahkan, dalam penilaian kompetensi manajerial dan sosio kultural yang digelar, tidak ada sistem gugur. Karena sistem yang diterapkan adalah pemetaan. “Jadi hanya berbicara layak, masih layak, kurang layak,” lanjutnya.

Nantinya hasil tes assement akan diumumkan sesuai dengan pleno asesor. Bisa saja hari Kamis (22/8) dan Jumat (23/8). Setelah hasil tes assesment keluar, maka akan dilanjutkan dengan tes rekam jejak, tes wawancara dan penulisan makalah dengan inovasi. “Kalau seandainya dia (pelamar) menduduki jabatan itu apa inovasinya, apa isu strategisnya. Lalu bagaimana dia memecahkan dengan inovasi itu, itu yang akan dinilai,” tandasnya. 

Seperti berita sebelumnya, sudah ada 18 pelamar yang akan merebutkan empat kursi kepala dinas (kadis) di lingkungan Pemkab Tabanan. Empat kursi kadis yang lowong, yakni Kadis Pendidikan, Kadis Pariwisata, Kadis Perhubungan dan Kadis Komunikasi dan Informatika. 

Adapun ke-18 pelamar tersebut, yakni Camat Selemadeg Timur I Gusti Putu Ngurah Darma Utama, Sekretaris Disperindag I Ketut Suarsana, Kabag Organisasi Setda Tabanan I Gusti Nyoman Suarya, dan Sekretaris Satpol PP I Putu Adi Supraja. Keempatnya mengincar jabatan Kadis Perhubungan.

Kemudian Camat Baturiti I Ketut Ridia, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu I Wayan Sukanrayasa, Kabag Umum Setwan Tabanan I Nyoman Putra, Sekdis BKPSDM I Wayan Arimbawa, Kabag Pembangunan Setda Tabanan AA Ngurah Agung Satria Tenaya, dan Wadir BRSU Tabanan dr. Ni Luh Gede Sukardiasih. Mereka menyasar jabatan Kadis Pendidikan.

Selanjutnya Camat Kerambitan I Gede Sukanada, Camat Tabanan I Putu Arya Suta, Camat Pupuan I Putu Agus Hendra Manik Mastawa, dan Camat Kediri I Made Murdika mengincar posisi Kadis Pariwisata.

Kemudian untuk posisi Kadis Komunikasi dan Informasi, para pelamarnya masing-masing Kabag Humas dan Protokol Setda Tabanan I Putu Dian Setiawan. Lalu Sekretaris Kominfo I Wayan Suradigama, Inspektur III Inspektorat Tabanan I Nengah Wisnu Wardana, dan Kabag Tapem I Wayan Yelada.

(bx/ras/man/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia